Disnakersos Depok Buka Posko Pengaduan THR

0
339
Buruh Depok. Ilustrasi, foto: tribunews.com
Buruh Depok. Ilustrasi, foto: tribunews.com
Buruh Depok. Ilustrasi, foto: tribunews.com

depoktren.com – Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kota Depok akan membuka Posko Pelaporan Tunjangan Hari Raya (THR). Posko ini akan melayani tenaga kerja yang tidak mendapatkan THR atau ada perselisihan THR antara karyawan dengan perusahaan. Meski begitu, pemerintah Kota Depok berharap ada hubungan bipartit yang baik antara perusahaan dan pegawainya, sehingga masalah THR dapat terseselesaikan dengan baik.

Kepala Disnakersos Kota Depok Diah Sadiah mengingatkan para pengusaha di wilayah Depok memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawannya. Peringatan ini disampaikan Kepala Disnakersos Kota Depok Diah Sadiah bedasarkan Surat Edaran Kementerian Tenaga Kerja yang menyatakan pemberian THR harus diberikan paling lambat tujuh hari sebelum hari raya.

Disnaker Depok akan mengedarkan surat ke 746 perusahaan di Depok soal THR. Menurut Diah, THR merupakan kewajiban bagi para pengusaha kepada para karyawan. THR ini diberikan kepada karyawan yang telah tiga bulan terus menerus bekerja di sebuah perusahaan. Sementara bagi karyawan yang baru bekerja selama satu bulan, pemberian THR merupakan kebijakan dari perusahaan.

“Kalau yang sudah bekerja selama 12 bulan THR yang diberikan sebesar satu bulan gaji, sementara bagi yang bekerja di bawah tiga bulan, nominal yang akan diberikan ditentukan menurut kebijakan perusahaan,” jelasnya seperti dikutip depok.go.id.

Disnakrsos berkewajiban melakukan monitoring yang hasilnya nanti akan dilaporkan ke provinsi untuk dilanjutkan ke kementerian. Atas dasar itu Disnakersos Kota Depok akan membuat posko pengaduan THR bagi karyawan dan buruh. Posko ini nantinya menjadi tempat pelaporan para karyawan yang tidak mendapatkan hak atas THR.

 882 total views

LEAVE A REPLY