Menteri PAN-RB Tunda Penerimaan PNS 2015

0
638
Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnadi. Foto:tribunnews
Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnadi. Foto:tribunnews
Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnadi. Foto:tribunnews

depoktren.com – Masyarakat yang ingin menjadi pegawai negeri sipil tahun ini tampaknya harus bersabar menunggu tahun depan. Pasalnya, pemerintah , melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), memutuskan menunda penerimaan pegawai baru di lingkungan Kementerian/Lembaga (K/L), dan Pemerintah Daerah (Pemda) Tahun 2015.

“Dikecualikan dari penundaan tersebut diberikan kepada Kementerian/Lembaga yang memiliki lembaga pendidikan kedinasan, yang saat pendaftaran mahasiswa telah mendapat izin dari Menteri PAN-RB, dengan ketentuan harus mengikuti dan lulus Tes Kompetensi Dasar (TKD),” demikian bunyi surat bernomor B/2163/M.PAN-RB/06/2015 yang dilayangkan Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi kepada Pejabat Pembina Kepegawaian Pusat dan Daerah tertanggal 30 Juni 2015, yang disiarkan Humas Kementerian PAN-RB.

Menteri PAN-RB beralasan penundaan penerimaan pegawai baru itu karena sampai saat ini masih terdapat beberapa K/L dan Pemda yang belum menyelesaikan kewajiban, antara lain: a. Penetapan struktur organisasi dan jabatannya; b. Menetapkan kebutuhan pegawai, berdasarkan analisis beban kerja; c. Menyampaikan data riil jumlah PNS saat ini; d. Menyampaikan perkiraan PNS akan Batas Usia Pensiun (BUP), pindah instansi, serta meninggal  dunia dan berhenti (pensiun dini); dan e. Menyampaikan kelebihan/kekurangan pegawai berdasarkan jabatan.

Selain itu, menurut Menteri PAN-RB, beberapa Peraturan Pemerintah terkait dengan pelaksanaan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (UU ASN) belum selesai, serta dalam pelaksanaan pegawai baru Pemerintah harus menyediakan antara lain anggaran yang tidak sedikit.

Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi berharap dalam masa penundaan ini agar K/L dan Pemda dapat menyelesaikan proses analisis jabatan dan analisis beban kerja, serta perlu melakukan perbaikan dalam penghitungan kebutuhan pegawai hingga waktu 5 (lima) tahun ke depan.

Tembusan Surat Menteri PAN-RB tentang penundaan penerimaan pegawai itu disampaikan kepada Presiden, Wakil Presiden, Menteri Keuangan, Kepala Badan Kepegawaian Negara, Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan, dan Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan. (red)

 1,244 total views

LEAVE A REPLY