Disdik Kota Depok Akan Proses Perizinan Homeschooling

0
282
Sumber foto: www.kompasiana.com
Sumber foto: www.kompasiana.com
Sumber foto: www.kompasiana.com

depoktren,com– Kepala Bidang Pendidikan Nonformal dan Informal Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Eneng mengatakan bahwa pada tahun pelajaran 2015-2016 ini pihaknya akan melakukan proses perizinan terhadap kegiatan homeschooling. Hal tersebut disampaikan langsung saat ditemui di kantornya, Senin (06/07/2015).

Eneng mengatakan bahwa jika sudah memiliki izin, nantinya pihak Disdik akan memberikan pembinaan terhadap proses pelaksanaan, dan para siswa nantinya juga dapat mengikuti ujian nasional di sekolah. Perlu diketahui bahwa selama ini siswa homeschooling selalu mengikuti ujian kesetaraan paket, baik paket A, B atau C.

“Nanti kami akan memberikan rekomendasi ke sekolah mana siswa ini dapat mengikuti ujian. Kita juga akan melihat dari evaluasi hasil belajarnya,” ujar Eneng.

Mantan Kepala UPT Cimanggis ini mengatakan bahwa menurut data yang dimiliki, saat ini ada 49homeschooling yang terdata di Kota Depok. Dirinya berharap semuanya dapat mengajukan proses perizinan kepada Disdik agar ke depannya mereka bisa mendapatkan kemudahan.

Homeschooling itu merupakan pembelajaran alternatif, namun tetap mengacu kepada kurikulum. Dalam hal ini siswa homeschooling merupakan anak yang berkebutuhan khusus maupun anak yang berminat pada satu bidang saja, misalnya olahraga, dan sebagainya,” jelasnya.

Ia juga berharap, jika semua proses pemberian izin berjalan lancar, nantinya semua anak bisa mendapatkan pendidikannya dengan layak. Menurutnya, siswa homeschooling di Depok tidak melulu adalah anak dari orang yang berada, namun anak dari keluarga tak mampu juga mengikuti proses homeschooling. (Sumber: Diskominfo)

925 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY