BKR Rangkapan Jaya Juara 1 Ketahanan Keluarga Nasional

0
409
Ilustrasi aktivitas remaja Depok, Abang Mpok Depok 2015. Foto: depok.go.id
Ilustrasi aktivitas remaja Depok, Abang Mpok Depok 2015. Foto: depok.go.id
Ilustrasi aktivitas remaja Depok, Abang Mpok Depok 2015. Foto: depok.go.id

depoktren.com – Sinergitas yang dibangun dan dijaga oleh Pemerintah kota Depok dengan seluruh komponen masyarakat berbuah manis. Hal tersebut dibuktikan dengan diraihnya berbagai prestasi. Seperti halnya pada Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXII tahun 2015 di lapangan Sunburst, Tangerang Selatan, disebutkan bahwa Depok berhasil meraih juara pertama dalam lomba Ketahanan Keluarga untuk Bina Keluarga Remaja (BKR) Nasional Tahun 2015.

Siaran pers Humas Pemkot Depok mamaparkan, setelah mengikuti seleksi yang cukup panjang, Depok berhasil menyisihkan 27 kabupaten/kota dan menjadi duta Jawa Barat di tingkat nasional. Proses seleksi berlanjut dan Depok kembali berhasil menjadi lima nominasi terbaik, bersama Kalimantan Selatan, Riau, Bali, dan Banten. Akhirnya, Kelompok BKR Pepaya yang berlokasi di RW 01 Kelurahan Rangkapan Jaya, Pancoran Mas, Depok, menjadi juara pertama dalam lomba Ketahanan Keluarga untuk Bina Keluarga Remaja (BKR) Nasional Tahun 2015.

Ketua kelompok kerja BKR Pepaya RW 01 Rangkapan Jaya, Lumiyah mengucap syukur atas prestasi ini. “Alhamdulillah, kami bisa berkontribusi dan mengharumkan kota Depok melalui program BKR. Sebelumnya kami telah menjadi juara di tingkat Provinsi Jawa Barat, dan kini kami menjadi juara tingkat nasional. Peran aktif dari masyarakat terhadap program BKR berhasil menambah point untuk menghantarkan kami menjadi juara umum nasional. Karena sebagus dan sekeras apapun kami melakukan penyuluhan kepada masyarakat, tanpa adanya peran serta dari masyarakat, program BKR tidak akan berjalan.,” ujanya smenginformasikan, anggota BKR Pepaya berjumlah 300 anggota.

“Semoga dengan prestasi ini, kami bisa lebih mengembangkan program BKR sebagai upaya meningkatkan pengetahuan , sikap dan ketrampilan orang tua dan anggota keluarga lain, dalam membina tumbuh kembang anak dan remaja secara seimbang melalui komunikasi efektif antara orang tua dan anak remaja, baik secara fisik, intelektual, kesehatan reproduksi, mental emosional, sosial dan moral spiritual,” harap Lumiyah.

kelompok kerja BKR memberikan penyuluhan terhadap keluarga yang mempunyai anak remaja dan memberikan wadah bagi anak remaja seperti program pengolahan sampah, mendirikan café atau tempat nongkrong bagi remaja yang di tujukan untuk tempat berkumpul nya para remaja dan di tempat itulah kelompok kerja dari BKR dapat merangkul dan membrikian penyuluhan kepada para remaja bahwa pergaulan di kalangan remaja saat ini sangat rentan dan tidak sehat.

Walikota Depok Nur Mahmudi Isma’il mengapresiasi kelompok kerja BKR Pepaya RW 01 Rangkapan Jaya atas prestasi tersebut. “Alhamdulillah dan selamat kepada BKR Pepaya yang telah mengharumkan Depok dikancah nasional. Prestasi ini merupakan buah dari kerja keras bersama. Terima kasih kepada BKR Pepaya dan semua elemen terkait yang ikhlas dan semangat menjalankan tugas dan fungsinya dalam memberikan motivasi kepada masyarakat,” tutur pria kelahiran Kediri.

Pemimpin kota Depok menginformasikan bahwa Pemerintah Kota Depok selalu bersinergi dengan PKK yang memiliki beragam program, seperti program Bina Keluarga Remaja, program pembinaan anak-anak remaja, dan sebagainya. “Kader dan pengurus PKK harus terus berperan dalam mensukseskan BKR (Bina Keluarga Remaja). Sosialisasikan dan ingatkan para orangtua untuk terus mendampingi anak remajanya, membimbing, dan memberikan kasih sayang yang cukup, agar remaja di Kota Depok dapat tumbuh menjadi manusia yang berkualitas,” ujar Nur Mahmudi seraya mengajak semua elemen masyarakat untuk turut serta membangun generasi muda Kota Depok.

 987 total views

LEAVE A REPLY