Waduh, Manfaat e-KTP Bisa Cegah Perselingkuhan

0
210

depoktren.com-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memastikan berlakunya Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) sudah terkoneksi dengan sistem perbankan di wilayah Kota Depok.”Kita pastikan berlakunya e-KTP sudah terkoneksi dan bisa untuk transaksi di perbankan,” ujar Kepala Bidang Kependudukan, Disdukcapil Pemkot Depok, Zainah, di Balaikota Depok, Rabu (3/2/2016).

Zainah mengutarakan, pihaknya sudah meminta pihak perbankan untuk melengkapi fasilitasnya dengan “smart card reader” untuk membaca keaslian e-KTP. Meskipun demikian baru beberapa bank besar saja yang sudah mulai menggunakan alat canggih tersebut. Warga hendaknya mengoptimalkan penggunaan e-KTP  karena e-KTP sifatnya susah dipalsukan. Selain itu, e-KTP keakuratannya sangat terjamin.

Menurut Zainah, e-KTP yang saat ini beredar mampu meminimalisir hadirnya identitas ganda. Selain itu, e-KTP ini juga bisa sebagai alat pencegahan terjadinya perselingkuhan, terutama para suami yang akan melakukan poligami. Dengan pola pengamanan e-KTP yang menggunakan pemindai dan retina mata (iris) akan menyulitkan seseorang untuk menggandakan identitas ataupun memiliki KTP lebih dari satu. ”Ini efektif, sampai yang punya istri tiga pun bisa diketahui karena di mana-mana tercatat dan data sidik jarinya langsung terekam di data base kami,” jelasnya.

Zaenah menuturkan bahwa sudah menjadi prosedurnya jika dalam formulir kependudukan seorang istri akan mencatatkan nama suaminya. Dengan demikian pria beristri tak bisa mengaku bujangan lagi saat berurusan dengan urusan administrasi pemerintahan. ”Suami mungkin tidak mengakui, tetapi istrinya di formulir pasti mencatatkan nama suaminya. Jadi pasti tahu kalau berpoligami,” tutupnya. (RAM)

 432 total views

LEAVE A REPLY