Depok Media Center: Pers Harus Berkarakter dan Mencerdaskan

0
302

depoktren.com-Ketua Harian Depok Media Center (DMC), Torben Rando Oroh meminta segenap insan peras harus menyikapi kebebasan pers dengan cara yang berkarakter dan berkomitmen mencerdaskan kehidupan bangsa. ”Kebebasan pers yang berkarakter, di antaranya bermoral, ada etika sesuai kode etik jurnalistik, kejujuran dan bertanggung jawab,” ujar pria yang akrab disapa Rando saat menghadir Hari Pers Nasional (HPN) 2016 di NTB, Selasa (9/1/2016).

Selain itu, lanjut Rando, Pers harus peduli terhadap masyarakat bawah atau orang-orang kecil dan profesional dalam berusaha dan menjalankan tugas jurnalistiknya. ”Kehadiran Pers sangat bermakna mewujudkan kesejahteraan masyarakat, dan tetap terjaga independensinya,” tegas Rando.

Dalam kesempatan ini, Ketua Pembina DMC, Rusdy Nurdiansyah mengatakan, pemerintah yang bagus itu tidak alergi dan antipati terhadap kritik, tentu disampaikan secara etis dan sesuai etika jurnalistik. ”Pemerintah harus siap dikritik Pers. Kritikan sebaiknya dijadikan masukan untuk perbaikan,” jelas Wartawan Senior Republika itu.

Menurut Rusdy, Pers merupakan salah satu pilar demokrasi dan merupakan salah satu komponen penting dalam pembangunan bangsa. Untuk itu sebaiknya juga pemerintah dapat menjaga kredibilitas dan karakter pers Indonesia melalui sejumlah kriteria menuju kehidupan Pers yang berkarakter dan profesional.

”Kami mendukung peningkatan perlindungan keamanan insan pers di lapangan. Kita perlu memelihara independensi pers, kami usulkan ke Dewan Pers dan PWI untuk menumbuhkan sebuah kebebasan pers yang berkarakter. Kebebasan pers yang berkarakter adalah bermoral, jujur, bertanggung jawab, antikorupsi, peduli pada rakyat kecil, dan profesional. Dengan hal ini maka bisa meningkatkan kepercayaan pada pers dari masyarakat dan tidak mudah terkooptasi kekuatan politik dan kapital,” tutur Rusdy. (ram)

 562 total views

LEAVE A REPLY