Antispasi Banjir, Masyarakat Diimbau Buat Lubang Biopori

0
303

depoktren.com-Salah satu upaya mengatasi bencana banjir dan longsor di musim penghujan, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mendorong masyarakat membuat lubang biopori.

Pelaksana Pemberdayaan dan Konservasi Alam BLH Kota Depok, Maman Suparman mengatakan keberadaan lubang biopori dapat menjadi jawaban dari masalah antisipasi banjir dan tanah longsor. “Jika setiap rumah, kantor, atau setiap bangunan di Depok memiliki biopori, berarti jumlah air yang yang segera masuk ke tanah akan meningkat sehingga banjir dapat dicegah,” kata Maman di Balaikota Depok, Kamis (24/3/2016).

Maman menjelaskan organisme dalam tanah mampu larut dalam air, hasilnya mengandung mineral, untuk itu manfaat lainnya adalah meningkatkan kualitas air tanah. Terlebih lubang biopori memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan sumur resapan.
“Untuk itu, biopori membantu percepatan penyerapan tanah. Biopori juga menyebarkan air dengan merata tidak di bagian tertentu saja. Air harus diarahkan kepada lubang biopori,” jelasnya.

Maman mengutarakan, idealnya, setiap rumah harus memiliki minimal lima lubang biopori. Jadi, resapan tanah dan pembuangan air menjadi teratur. “Bila untuk pengusaha properti yang ingin membangun perumahan hendaknya membuat minimal 100 lubang biopori. Seperti perumahan-perumahan jika dijalankan mudah-mudahan akan aman dari banjir,” imbuh Maman. (rizky)

 515 total views

LEAVE A REPLY