Pelatihan Percepatan Pelaksanaan e-Tendering

0
243

www.depoktren.com-Upaya meningkatkan percepatan pelaksanaan belanja negara terhadap pelaksanaan pengadaan barang/jasa, Pemerintah melalui Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) mengeluarkan inovasi pemanfaatan teknologi. Aplikasi tersebut dibangun untuk e-lelang secara cepat dengan menggunakan data penyedia yang masuk ke dalam Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SiKAP).

SiKAP adalah aplikasi yang merupakan sub sistem dari Sistem Pengembangan Secara Elektronik (SPSE) yang digunakan untuk mengelola data/informasi mengenai riwayat kerja dan atau data kualifikasi penyedia barang/jasa.

Dalam hal ini, untuk memperkenalkan kembali inovasi tersebut, Pemerintah Kota Depok bersama LKKP memberikan wawasan dam pelatihan SiKAP kepada penyedia se-Kota Depok. Hal tersebut dilakukan agar pelaksanaan e-Tendering dilakukan dengan memanfaatkan informasi kinerja penyedia barang dan jasa.

“Dengan pelatihan ini kedepannya diharapkan para penyedia yang ada di Kota Depok dapat mengisi SiKAP dengan baik sehingga dapat mengikuti e-lelang dengan cepat sesuai dengan amanah Pepres No.4 Tahun 2015,” ujar Asisten Eksbangsos Kota Depok, Eka Bachtiar saat membuka secara resmi pelatihan yang digelar di aula lantai 5 Balaikota Depok, Rabu (6/4/2016).

Eka mengungkapkan bahwa dalam pelaksanaan e-lelang cepat pada tahap pembuktian kualifikasi, Pokja BLP tidak perlu meminta seluruh dokumen kualifikasi apabila penyedia barang/jasa sudah pernah melaksanakan pekerjaan yang sejenis dan atau data kualifikasi penyedia sudah terverifikasi dalam SiKAP.

Diharapkan Eka, dengan adanya pelatihan ini kedepannya dapat lebih maksimal. Tentunya juga memberikan kemudahan antara pemerintah dan penyedia se-Kota Depok.
“Semoga pelatihan ini dapat memberikan manfaat sehingga dapat lebih maksimal,” harapnya. (rahma)

 538 total views

LEAVE A REPLY