Saat Ramadhan, Stok Pangan Hewan di Depok Aman

0
276

www.depoktren.com–Upaya menjamin ketersediaan Pangan Asal Hewan (PAH) selama Ramadhan dan Idul Fitri, Dinas Peternakan dan Perikanan (Distankan) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melakukan pengecekan langsung ke semua pasar tradisional maupun modern di Kota Depok. “Kami akan terus melakukan pengecekan atas ketersediaan PAH yang terdiri dari daging sapi, telur, daging ayam, daging bebek dan susu,” ujar Kepala Distankan Pemkot Depok, Etty Suryahati di Balaikota Depok, Jumat (3/6/2016).

Menurut Erry, pihaknya akan meakukan pengecekan selama 10 hari. “Kami akan sisir sebelum dan saat Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri mendatang,” jelasnya.

Etty menambahkan, pihaknya juga terus melakukan evaluasi hampir di semua swalayan pada ruang penyimpan daging apakah dalam keadaan kondensasi atau tidak, artinya dalam suhu ruangan mengembun. “Kami juga menginformasikan, agar daging tetap terjaga kualitasnya, hendaknya disimpan pada suhu rendah. Semakin suhu rendah, maka bakteri akan sulit berkembang, jadi daging akan lama mengalami proses pembusukan,” paparnya.

Dalam pengawasan tersebut, lanjut dia, ada beberapa point yang dicermati, seperti cemaran mikroba, bahan tambahan pengawet, campuran PAH non halal, seperti daging celeng atau ayam tiren. “Kami hanya memastikan bahwa PAH yang dijajakan di pasar aman dikonsumsi masyarakat. Bila nantinya terbukti ada penyimpangan PAH dari uji lab, maka yang mengambil tindakan dari kewenangan kepolisian,” tutur Etty.

Ditegaskan Etty, secara keseluruhan stok pangan hewan cukup aman memenuhi konsumsi masyarakat di bukan Ramadhan dan saat hari rata Idul Fitri. “Stok pangan hewan cukup aman,” pungkasnya. (illa)

 496 total views

LEAVE A REPLY