Perpustakaan Depok Gelar Bedah Buku “Fikih Korupsi”

0
459

www.depoktren.com–Perpustakaan Umum Kota Depok akan menyelenggarakan acara bedah buku “Fikih Korupsi: Analisa Politik Uang di Indonesia Dalam Perspektif Maqashid al-Syari’ah” karangan Harun al-Rasyid. Kegiatan bedah buku ini direncakanan akan dilaksanakan di Aula Perpustakaan Umum Kota Depok, Kamis, 23 Juni 2016 pukul 09.00 WIB.

Kepala Seksi Perpustakaan, Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok, Ima Halimah mengatakan bahwa kegiatan bedah ini dipilih karena korupsi dianggap merupakan ancaman bagi negara. Dalam kegiatan ini juga diharapkan peserta akan memahami tentang korupsi di mata Islam, terlebih penulisnya yaitu Harun al-Rasyid merupakan penyidik di KPK yang sudah kompeten menangani kasus korupsi. “Buku ini mencoba menjelaskan bahwa semua peran dalam sebuah ‘transaksi’ suap-menyuap, tercela di mata Rasulullah,” ujar Ima.

Lanjut dia, kegiatan ini menargetkan dihadiri oleh 100 peserta, selain PNS bagi warga umum yang ingin hadir juga dipersilakan. Selain itu, pihak perpustakaan juga direncanakan akan turut mengundang instansi vertikal seperti Polisi, Kodim, Kejaksaan dan juga Pengadilan.

“Selain PNS di Pemkot Depok, kami juga turut mengundang instansi lain. Diharapkan dengan bedah buku ini bisa mendapatkan pembelajaran dalam menanggapi kasus korupsi,” terang Ima.

Dalam bukunya Harun al-Rasyid menganalisis politik uang di Indonesia dalam Perspektif Maqashid al-Syariah, atau kemaslahatan bagi manusia dengan memelihara kebutuhan primer dan menyempurnakan kebutuhan sekunder dan tersier. Prinsip pokok yang Islam ajarkan adalah pemeliharaan harta dari pemindahan harta hak milik yang tidak sejalan dengan hukum dan pemanfaatan yang tidak sesuai dengan kehendak Allah. (laras)

 615 total views

LEAVE A REPLY