Pemudik Mulai Berdatangan ke Depok

0
272

www.depoktren.com–Masa cuti bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1437 H telah berakhir pada Jumat (8/7/2016), namun sebagian besar pemudik memanfaatkan libur dua hari Sabtu dan Minggu (10/7/2016) untuk memperpanjang liburan.

Berdasarkan pantauan www.depoktren.com, sebagian pemudik yang telah meninggalkan Kota Depok pekan lalu, kini mulai berangsur-angsur kembali pada Sabtu (9/7/2016), karena pada Senin (11/7/2016), seluruh kantor pemerintahan dan swasta akan kembali beroperasi. Pemudik yang memilih kembali ke Kota Depok rata-rata adalah mereka yang menggunakan moda transportasi darat, baik mobil pribadi, motor maupun angkutan umum.

Di lintasan jalan bebas hambatan atau tol Jakarta-Cikampek, jumlah kendaraan yang melintas menuju arah Jakarta naik mencapai 27 persen dibandingkan hari biasa. Hal itu diungkapkan Humas PT Jasa Marga Iwan Abriyanto yang juga menyebutkan total kendaraan yang melintas di jalan bebas hambatan Cikampek menuju arah Jakarta sebanyak 99.544 unit pada Sabtu (9/9/2016).

Rincian jumlah tersebut adalah sebanyak 29.975 unit pada shift pertama, 32.862 unit pada shift kedua dan 36.707 unit kendaraan pada shift ketiga. Sedangkan, normal lalu-lintas kendaraan di tol tersebut sebanyak 78.334 unit.

Sementara itu, di jalur tol Cikopo-Palimanan (Cipali) terpantau mengalami peningkatan arus kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Wakil Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Waka Baharkam) Markas Besar Polri Irjen Eko Hadi S., saat melakukan peninjauan di Gerbang Tol Palimanan, mengatakan volume kendaraan pada Sabtu mencapai 65.000 unit. Padahal, biasanya tol tersebut hanya menerima kendaraan rata-rata 12.000 unit per hari.

Hal itu berarti, peningkatan volume kendaraan di jalur tol Cipali pada H+3 Lebaran mencapai lima kali lipat dari hari biasa.
Meski demikian, prediksi lalu-lintas di tol Cipali menuju arah DKI Jakarta akan terus meningkat hingga sepanjang Minggu (10/7/2016).

Untuk mengantisipasi kemacetan akibat peningkatan volume kendaraan pada arus balik, Polri telah memiliki skenario untuk mengalihkan lalu-lintas supaya kepadatan kendaraan terurai.

Eko menjelaskan skenario lalu-lintas tersebut yakni dengan mengalihkan kendaraan ke jalur pantai utara (Pantura), yakni menuju arah Indramayu – Subang – Karawang, hingga selanjutnya menuju Cikampek.

”Skenario pengalihan arus lalu-lintas tersebut dilakukan jika kondisi jalan telah terjadi kemacetan sepanjang 3 kilometer,” ujarnya.

Selain pengalihan arus, antisipasi yang perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya kemacetan parah seperti pada saat arus mudik beberapa hari lalu, pihak pengelola jalan tol disarankan untuk membuka gerbang tol lebih banyak.

Gerbang tol menuju Jakarta akan dibuka sebanyak 21 gerbang atau 19 gerbang, sedangkan gerbang tol mengarah ke Cirebon akan dibuka sisanya yakni lima dan tujuh gerbong.

Penumpang KA naik Apabila pemudik pengguna kendaraan pribadi dan angkutan umum mulai melonjak pada arus balik, Sabtu (9/7/2016), pemudik pengguna jasa kereta api belum mengalami peningkatan secara signifikan.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional I, Bambang S. Prayitno, mengatakan perkiraan puncak arus balik penumpang kereta akan terjadi pada Minggu (10/7/2016).

Berdasarkan data sementara PT KAI hingga Sabtu siang pukul 14.00 WIB, jumlah penumpang kereta yang tiba di Stasiun Pasar Senen mencapai 14.914 orang. Sedangkan di Stasiun Besar Gambir, Jakarta jumlah kedatangan penumpang mencapai 8.151 orang.

Jumlah tersebut akan terus meningkat pada Sabtu malam hingga Senin pagi, baik di Stasiun Pasar Senen maupun Stasiun Besar Gambir, Jakarta Pusat.

PT KAI memberlakukan penambahan rangkaian kereta dalam rangka libur Lebaran 2016. Jumlah rangkaian kereta reguler sebanyak 26 seri, mengalami penambahan sebanyak enam rangkaian kereta tambahan untuk perjalanan kelas ekonomi, bisnis dan eksekutif tujuan Jogjakarta, Solo, Semarang dan Surabaya. (aris)

 503 total views

LEAVE A REPLY