Cukup Tinggi Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Margonda Depok

0
1127

www.depoktren.com–Berdasarkan data Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Depok, sepanjang 2015, terdapat lebih dari 280 kasus kecelakaan di Kota Depok. Korban meninggal dunia sebanyak 13 orang, luka berat 226 orang, dan luka ringan sebanyak 125 orang. “Kecelakaan lalu lintas sebagian besar terjadi di Jalan Margonda Raya,” ujar Kasatlantas Polresta Depok, Kompol Sutomo, Rabu (24/8/2016).

Menurut Sutomo, kasus kecelakaan terbanyak didominasi oleh kendaraan roda dua (motor). “Sepeda motor paling banyak, namun penyebab terjadinya kecelakaan adalah human error akibat tidak tertibnya pengendara dalam berlalu lintas, faktor kendaraan, jalan dan cuaca. Selain itu tidak memadai trotoar pejalan kaki dan minimnya Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) sebagai salah satu penyebabkan pejalan kaki tertabrak kendaraan bermotor,” tutur Sutomo.

Menurut dia, kecelakaan sering terjadi pada pagi dan pagi hari saat jam padat kendaraan. Hal itu bisa disebabkan akibat pengendara lelah setelah seharian bekerja, ditambah lagi dengan kemacetan. Kecelakaan di malam hari, disebabkan karena
seringkali pengendara memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. “Kecelakaan terjadi karena pengendara kurang hati-hati, dan terburu-buru karena dikejar waktu. Kebanyakan tidak tertib dalam berlalu lintas,” terang Sutomo.

Untuk mengantisipasi sementara agar meminimisir jatuh korban kecelakaan di Jalan Raya Margonda, pihak Satlantas Polres Depok akan menempatkan anggota polisi lalu lintas (Polantas) di totok-titik rawan kecelakaan yakni di depan Universitas Gunadarma-Gang Kapuk, di depan Gang Kober UI, di depan Detos-Margo City, di depan Mal Depok, di depan Pesona Kahyangan dan di depan Kampus Lia. “Anggota Polantas selain menjaga dan mengatur lalu lintas juga membantu untuk menyeberangkan pejalan kaki,” tegas Sutomo.

Lanjut Sutomo, selama belum ada kebijakan Pemkot Depok untuk membangun JPO titik-titik rawan kecelakaan, anggota akan disiagakan saat jam ramai aktivitas masyarakat yakni pada pagi dan sore hari. Pihaknya juga telah berupaya memberikan masukan ke Pemkot Depok untuk membuat trotoar yang layak, menambah rambu-rambu lalu lintas, membuat zebra cross dan segera membangun beberapa JPO.

“Paling mendesak untuk segera dibangun JPO di depan Universitas Gunadarma-Gang Kapuk dan JPO Gang Kober UI karena banyaknya volume penyeberang jalan yang sebagian besar para mahasiswa. Kami berharap untuk sementara dengan dijaga anggota Polantas dapat menurunkan angka kecelakaan,” pungkasnya. (Mas Tete)

 1,535 total views

LEAVE A REPLY