Ancam Hukuman 12 Tahun Penjara Bagi Wartawan Pemeras

0
407

www.depoktren.com– Ancam hukuman 12 Tahun penjara akan dihadapi 2 pelaku pemerasan yang mengaku wartawan yakni Vincen (42) dan Julian (36) yang ditangkap Polresta Depok, pada Jumat (26/8/2016) lalu. Keduanya diduga memeras pemilik perusahaan popok, Rokky S (26).

Berbekal kartu pers kedua pelaku berpura-pura sebagai konsumen dan menderita kerugian. Keduanya diduga memeras pemilik perusahaan popok, Rokky S (26).

“Dalam menjalankan aksinya, kedua pelaku menakuti-nakuti dan mengancam korban karena mendapati ada binatang serangga atau kelabang dalam popok bayi yang dibeli pelaku,” ujar Kapolresta Depok Kombes Pol Harry Kurniawan, di Mapolresta Depok, Selasa (30/8).

Menurut Harry, awalnya pelaku minta Rp 80 juta, kemudian dinego Rp 50 juta, kemudian turun lagi dan akhirnya disepakati Rp 3 juta untuk di awal. Kedua pelaku dan korban melakukan transaksi di salah satu rumah makan. “Ketika korban menyerahkan uang, kami  langsung menangkap kedua pelaku yang sempat membuang uang yang diterima oleh salah satu pelaku,” jelasnya.

Pihaknya lanjut dia, juga masih terus menyelidiki keaslian media tempat kedua pelaku bekerja. “Pelaku ini mengakunya dari salah satu media cetak koran. Kami juga terus menyelidiki apakah media itu benar-benar ada atau tidak, atau pelaku apa benar bekerja disitu. Kami juga masih terus mencari kemungkinan adanya korban lain karena banyak informasi kalau kedua pelaku sering melakukan pemerasan,” terang Harry.

Kasat Reskrim Polresta Depok Kompol Teguh Nugroho mengungkapkan, pihaknya menyita sejumlah barang bukti diantaranya uang Rp 3 juta dan dua buah HP yang digunakan pelaku untuk memeras korban. “Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua pelaku terancam hukuman maksimal 12 tahun penjara,” tegas Teguh.

Kedua pelaku yang mengaku wartawan, ini, memang seringkali terlihat di Balaikota Depok dan juga Mapolresta Depok. Tidak jelas dari media mana. Wajahnya sudah tidak asing lagi di kalangan wartawan di Kota Depok.

Kedua pelaku menolak untuk dimintai keterangan sejumlah awak media, tapi justru salah satu pelaku kesal dan marah. “Terimakasih untuk kalian, tega ya,” ucap pelaku Julian. (Mas Tete)

 743 total views

LEAVE A REPLY