Dinkes Depok Jamin Vaksin untuk BIAS Asli

0
272

www.depoktren.com–Beberapa waktu lalu, publik digegerkan dengan berita beredarnya vaksin palsu. Hal tersebut mengakibatkan banyaknya masyarakat yang ragu dan cemas akan keaslian vaksin yang akan dipergunakan untuk anak-anak mereka.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok memastikan vaksin campak, DT, dan Td yang akan diberikan pada para siswa SD se-Kota Depok dalam program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) seluruhnya adalah asli dan tidak ada yang palsu.

Proses penyuntikan vaksin dilakukan dengan teknik aseptic (satu siswa satu jarum suntik). Sedangkankan  vaksin yang diberikan merupakan produksi PT. Biofarma, Kota Bandung.

 “Kami dapat pastikan semua vaksin yang kami berikan dalam BIAS nanti semuanya asli dan tidak ada yang palsu. Stok vaksin se-Kota Depok kami dapat langsung dari Dinkes Provinsi Jawa Barat. Tidak ada yang kami beli dari swasta,” ujar Kepala Bidang Pencegahan, Pengendalian Penyakit, dan Penyehatan Lingkungan (P2PPL) Dinkes Kota Depok, Rani Martina, Jumat (2/9/2016).

Rani menambahkan, kualitas vaksin di program BIAS terjamin karena disimpan pada suhu efektif vakin (2-8 derajatcelcius) menggunakan kulkas vaksin (coldchain) yang sudah standar WHO dan pada saat vaksin dibawa ke sekolah menggunakan vaccine carrier yang juga sudah terstandardisasi. Dilaksanakannya pun juga oleh tenaga medis/paramedis Puskesmas yang sudah terlatih.

“Untuk itu, bagi para orangtua tidak perlu khawatir dan cemas, Imunisasi ini diberikan secara gratis di seluruh SD/MI se-Kota Depok. Vaksin yang digunakan hanya tersedia melalui Dinkes dan tidak diperjualbelikan secara bebas,” tuturnya. (Riki)

 412 total views

LEAVE A REPLY