Polsek Sawangan Tangkap Pencuri Rumsong di Perumahan Reni Jaya

0
276

www.depoktren.com– Anggota kepolisian Polsek Sawangan berhasil menangkap spesialis pelaku rumah kosong di rumahnya daerah Perumahan Reni Jaya, Blok G-227, Pondok Petir, Bojongsari, Kota Depok, Jumat (2/9/2016).

Tersangka Anis Mustobidin alias Tejo,32, warga Waleri Jawa Tengah, tidak bisa berkutik saat petugas mencnangkapnya di rumah kosong tempat biasa menetap. Pelaku diketahui pada Jumat (10/8) telah menyatroni rumah milik RD Yophie Suryaningrat,62, ibu rumah tangga, saat sedang pergi umroh hingga rumah ditinggal dalam keadaan kosong. Melihat ada kesempatan pelaku langsung memasuki rumah korban melalui cerobong asap.

Kapolsek Sawangan, Kompol Siti Nurhayati, mengatakan modus pelaku masuk ke rumah melalui cerobong asap rumah. Pelaku leluasa mengambil barang berharga milik korban yang sedang pergi umroh.

“Korban sudah sebulan meninggalkan rumahnya kosong. Sehari-hari pelaku bekerja menjadi pemotong rumput di komplek meliat ada peluang melancarkan aksinya pada malam hari,”ujar Kapolsek didampingi Kanit Reskrim Iptu Sudiri.

Perwira mantan Gadik SPN Lido Polda Metro Jaya ini mengaku terungkapnya kasus ini hasil penyelidikan anggota dari keterangan sejumlah saksi mengarah ke pelaku.

“Setelah ada petunjuk kita langsung menggeledeh lokasi orang yang dicurigakan. Dan ternyata benar pelaku yang sedang tidur langsung kita amankan bersama barang hasil curian yang masih dikemas dalam karung plastik,” kata Kapolsek.

Barang yang dicuri pelaku yaitu VCD player berikut speaker, dua buah guci antik dari China, lukisan, jam tangan, peralatan fitnes, tas, sepatu, pakaian, mesin tik, mesin pompa jet pam. Pelaku memasukkan semua barang hasil curian ke dalam karung dan keluar melalui lubang angin bagian sisi kiri rumah yang berhasil dijebol pelaku.

“Dalam aksinya pelaku berdua bersama temannya. Temannya O kini masih DPO petugas,” ungkap Kapolsek.

Kapolsek menambahkan belajar dari pengalaman tersebut warga dapat memberitahukan rumah jika akan ditinggal kosong ke security atau perangkat RT untuk selalu dipatroli.

“Jam rawan rumsong untuk wilayah sawangan pada umumnya diatas tengah malam hingga subuh. Diharapkan di jam rawan tersebut masyarakat dapat menjadi polisi bagi dirinya sendiri untuk peduli menjaga keamanan kamtibmas di lingkungan,” pesan Kapolres.

“Pelaku kita kenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian pemberatan rumsong ancaman diatas 5 tahun penjara.” (Mas Tete)

 397 total views

LEAVE A REPLY