Cegah Pungli SIM, Polresta Depok Berlakukan Satu Pintu

0
251

www.depoktren.com–Untuk cegah pungli, Polresta Depok akan memperketat pengawasan permohonan penerbitan surat izin mengemudi (SIM). “Kami akan terapkan sistem satu pintu dalam proses pembuatan SIM. Selain dapat menghindarkan percaloan, juga lebih transparan,” ujar Kapolresta Depok, Kombes Pol Harry Kurniawan di Mapolresta Depok, Senin (7/11/2016).

Selain itu, lanjut dia, juga akan dilakukan pengetatan dalam penerbitan SIM baru. Langkah ini dilakukan salah satunya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

“Penerbitan SIM akan selektif. Sudah kami mulai untuk lebih diketatkan lagi dalam pembuatan SIM baru bagi masyarakat. Hal ini bertujuan agar masyarakat lebih mantap dan tahu rambu-rambu lalu lintas supaya lebih tertib dan tentunya dapat meminimalisasi kecelakaan di jalan,” jelasnya.

Kasat Lantas Polres Depok Kompol Sutomo menambahkan, dalam penerbitan SIM baru, pihaknya mengimbau masyarakat mempelajari soal-soal uji teori dengan belajar mengenai minimal tiga aspek. Yakni, mengenai pemahaman UU Nomor 22/2009 tentang LLAJR, lalu Perkap Kapolri Nomor 9/2012 tentang SIM, marka-marka dan petunjuk jalan, serta berkaitan dengan PNBP dan pelayanan publik. “Bagi masyarakat pemohon uji SIM yang memang belum lulus dalam pengajuan SIM baru dapat mengulangnya kembali,” jelasnya. (Mas Tete)

 378 total views

LEAVE A REPLY