Depok Jadi Pilot Project Emergency Call 112

0
459

www.depoktren.com–Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan segera meluncurkan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112. Kota Depok sebagai salah satu dari 10 kota yang akan menjadi pilot project diluncurkannya Emergency Call 112.

“Kota Depok termasuk dari sepuluh kota pilot project yang masuk ke dalam batch pertama yang akango alive bersama Kota Tangerang, Kota Bandung, dan Kota Bogor pada 1 Desember 2016 mendatang yang bakal dilaunching di Kota Tangerang,” ujar Staff Direktorat Pengembangan Pitalebar Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI), Wibi Noviardia di acara
pelatihan SDM Emergency Call 112 Depok, di Hotel Santika, Depok, Senin (28/11/2016).

Wibi menuturkan, pelayanan gratis Emergency Call tersebut merupakan wujud pelayanan prima dalam memberikan rasa aman pada masyarakat. Hal ini merupakan perwujudan dari program Nawa Cita Presiden Jokowi yang pertama, yakni memberikan rasa aman pada warga negara. “Kami ingin masyarakat aman dan mendapat penanganan yang cepat dari kondisi kebakaran, bencana, kriminalitas, dan kesehatan,” terangnya.

Wibi menuturkan, sebanyak 12 orang agent call taker dengan tiga orang supervisor sudah dipersiapkan untuk melayani pelaporan yang masuk ke 112 selama 24 jam tujuh hari dalam seminggu. Operator akan menerima keluhan dan aduan dari masyarakat. Selanjutnya, operator akan mencatat identitas penelepon, dan meneruskannya ke pihak atau dinas terkait. Dengan demikian, laporan tersebut mampu menginformasikan anggota yang berada di lapangan langsung ke lokasi kejadian.

“Kemenkominfo bertindak sebagai katalisator Pemda se-Indonesia salah satunya, yakni Pemkot Depok, agar Pemda menyediakan satu layanan laporan masyarakat untuk kegawatdaruratan. Kami juga siapkan call center baik dari sistem, teknologi, koneksi, dan SDM,” tutur Wibi.

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Hardiono menyampaikan apresiasi kepada pihak Kominfo atas ditunjuknya Kota Depok sebagai pilot project. Pemkot Depok akan memanfaatkan semaksimal mungkin dan memfasilitasi inisiasi program emergency call 112 dalam mempercepat pelayanan kepada masyarakat. “Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak Kominfo atas ditunjuknya Kota Depok sebagai pilot project,” ucapnya.

Hardiono mengingatkan, kepada para peserta pelatihan agar dapat mengikuti pelatihan dengan tekun, dan menggunakan kesempatan pelatihan ini sebaik-baiknya. Ilmu yang didapatkan dalam bintek ini agar dapat diimplementasikan dalam operasional emergency call 112. “Kepada para peserta agar mengikuti secara serius demi terealisasinya quick respon (respon cepat) dalam menanggapi informasi dari masyarakat,” tutupnya. (Aris)

 604 total views

LEAVE A REPLY