Kartu Kuning Penting Harus Dimiliki Para Pencari Kerja

0
928

www.depoktren.com–Ketika hendak mencari pekerjaan, banyak hal yang harus disiapkan pelamar sebagai syarat pelengkap identitas, salah satunya yaitu kartu kuning atau biasa disebut (AK-1). Dalam hal ini, Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kota Depok memberikan pelayanan secara langsung pembuatan kartu kuning (AK-1) secara online ataupun manual pada Bursa Kerja yang diselenggarakan di Plaza Depok, tanggal 29 hingga 30 November 2016.

“Kami menyediakan layanan pembuatan kartu kuning untuk yang mengikuti Bursa Kerja ini, mengingat banyak dari mereka yang baru menyelesaikan pendidikan dan belum sempat membuatnya,” kata Kepala Disnakersos Kota Depok, Diah Sadiah, Selasa (29/11/2016).

Lebih lanjut, Diah menjelaskan bahwa dalam pembuatan kartu kuning secara manual, pelamar harus menyerahkan beberapa ketentuan yang telah ditetapkan. Adapun untuk membuat kartu kuning, persyaratan yang harus dipenuhi yaitu membawa fotokopi KTP, ijazah terakhir, KK (kartu keluarga), dan foto 3×4 sebanyak 2 (dua) lembar.

“Jika persyaratan maupun datanya sudah lengkap, kartu kuning dapat langsung dicetak,” tambahnya.

Diah juga mengungkapkan, dengan membuat kartu kuning para pencari kerja akan tercatat di dalam database yang dipunya Disnakersos Kota Depok. Dimana Disnakersos Kota Depok memiliki Bursa Kerja Online (BKOL), sehingga database yang dipunya bisa dipakai oleh perusahaan dalam mencari karyawan.

“Dengan membuat kartu kuning, para pencari kerja akan terdaftar secara otomatis dalam data yang ada di Disnakersos. Sehingga, apabila nanti ada perusahaan yang membutuhkan bisa langsung mencari di BKOL dan akan langsung menghubungi calon karyawannya secara langsung,” tutupnya. (Aris/Papi Ipul)

 1,048 total views

LEAVE A REPLY