Diskominfo Depok Persiapkan Aplikasi e-Government

0
442

www.depoktren.com–Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok tengah fokus mempersiapkan layanan aplikasi e-Government (e-gov). Langkah itu dilakukan untuk mengintegrasikan aplikasi yang tersebar di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai bentuk transparansi publik.

“Kami ingin membuat payung hukum untuk mengintegrasikan aplikasi yang ada di beberapa OPD. Selama ini, aplikasi yang ada di OPD belum terintegrasi kesatu platfom yang sama,” ujar Sekretaris Diskominfo Depok, Adhy Parayudha di Balaikota Depok, Rabu (4/1/2017).

Menurut Adhy, untuk membuat payung hukum tersebut perlu adanya Peraturan Wali Kota (Perwal). Untuk itu mekanisme dan isi payung hukumnya sedang digodok untuk segera disahkan oleh Wali Kota Depok. “Dengan adanya payung hukum tersebut, diharapkan memudahkan semua jajaran OPD untuk meminimalisir kendala yang biasanya terjadi dalam sebuah aplikasi e-gov dan nantinya akan mengintegrasikan teknologi dalam satu prakom yang sama, agar bisa digunakan dan dimanfaatkan pemerintah, stakeholder maupun masyarakat umum secara maksimal,” papar Adhy.

Diutarakan Adhy, selain terintegrasi, e-gov akan memudahkan pemerintah untuk memonitor terkait pelayanan kepada masyarakat, misalnya pelayanan terhadap Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Keuntungan yang paling diharapkan dari e-gov adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.

“Mudah-mudahan triwulan pertama, aplikasi e-gov ini bisa selesai dan segera diluncurkan. Sehingga kesepahaman OPD terkait teknologi bisa diitegrasikan dalam suatu bentuk aplikasi,” harapnya.

Diutarakan Adhy, dalam payung hukum tersebut, akan ada poin-poin yang tertuang sebagai acuan OPD menggunakan e-gov seperti, standarisasi aplikasi pelayanan informasi, pertukaran informasi, keamanan data informasi secara umum atau garis besar. Hal ini akan meminimalisir kendala dan pertanyaan-pertanyaan yang timbul di kemudian hari.

“Untuk diketahui, e-gov adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warga. Mulai dari urusan bisnis hingga berkenaan dengan pemerintahan sehingga dapat membantu menjalankan sistem pemerintahan secara lebih efisien,” jelas Adhy. (Aris/Aan)

 529 total views

LEAVE A REPLY