Kecamatan Pancoran Mas Depok Siap Libatkan Pihak Swasta untuk Lahan Tani

0
256

www.depoktren.com–Kecamatan Pancoran Mas Depok akan melibatkan pihak swasta untuk meminjamkan lahannya bagi petani setempat. Hal tersebut diupayakan sebab minimnya lahan pertanian di kecamatan tersebut.
Camat Pancoran Mas Utang Wardaya mengatakan, wilayahnya yang mencapai 1869,573 km2, masih memiliki lahan pertanian dan perikanan yang tersebar di beberapa titik. Ia berharap agar warga bersama-sama melestarikan serta mempertahankan potensi alam di sekitarnya. Sebab, kata dia, potensi itu akan mengangkat produk pertanian di Kecamatan Panmas. Selain itu juga bisa sebagai warisan anak cucu kelak.

“Dari sisi tata ruang memang ada. Kawasan pertanian ada di Kelurahan Rangkapan Jaya. Namun, lahan ini masih dimiliki salah satu perusahaan swasta, Koefisien Dasar Bangunan (KDB)-nya hanya 30 persen. Selebihnya bisa dikelola untuk budidaya pertanian, cuma harus kordinasi sama pemilik lahan,” ujar Utang, Senin (16/01/2017).

Utang mengaku, menyayangkan bila lahan seluas 30 hektar hanya digunakan 30 persen dan sisanya tidak dioptimalkan untuk pemanfaatan lahan. Oleh sebab itu, tutur dia, pihaknya terus mengupayakan agar lahan tersebut diizinkan untuk digunakan Pemerintah Kota Depok sebagai lahan pinjam pakai.

“Selama ini pemilik lahan tidak mengoptimalkan dan memanfaatkan lahan terbuka. Padahal, faktanya lahan tersebut dapat bermanfaat bagi warga sekitar, khususnya dalam rangka peningkatan taraf ekonomi,” papar dia.

Selain di Rangkapan Jaya, lanjut Utang, masih ada lahan di Kementerian Kesehatan yang letaknya di Kelurahan Panmas. Lahan tersebut bisa dijadikan lahan pertanian ataupun Ruang Terbuka Hijau (RTH). Lalu, jelas dia, ada kebun belimbing seluas tiga hektare yang masih dipertahankan fungsinya sebagai budidaya hasil perkebunan, agrowisata serta resapan air yang juga berada di Kelurahan Panmas.

“Untuk perikanan sendiri, ada di daerah Parung Bingung, Kelurahan Rangkapan Jaya. Karena letaknya yang dekat dengan sungai Pesanggrahan, membuat daerah ini membentuk landscape cekungan agak landai. Jadi, memungkinkan untuk dimanfaatkan sebagai budidaya ikan lele, ikan hias dan lain-lain. Kami masih pertahankan potensi-potensi tersebut,” pungkas dia. (Siska)

 350 total views

LEAVE A REPLY