Pengusaha Ini Manfaatkan Belimbing Jadi Produk Kosmetik

0
811

www.depoktren.com–Seorang pengusaha swasta asal Depok, Wahyudi Setiawan, memanfaatkan buah belimbing dewi jadi barang kosmetik. Buah yang menjadi ikon Kota Depok tersebut selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, juga mampu berkhasiat bagi kulit.

Pengolahan kosmetik dari belimbing tersebut berada di kawasan Sukatani, Tapos, Depok. Wahyudi mengaku tidak menjalankan bisnis ini sendirian, namun juga melibatkan warga sekitar untuk turut berperan dalam mengembangkan bisnis lokal tersebut.

Soal keamanan dan kelayakan produk kecantikan tersebut, tutur Wahyudi, ia sudah mengadakan kerjasama dengan pihak akademisi di Universitas Indonesia.

“Kita sudah melaksanakan MoU (nota kesepakatan) dengan Universitas Indonesia, khususnya Fakultas Farmasi beserta Lab Fitokimianya, serta Departemen Inovasi dan Inkubator Bisnis (DIIB),” jelas Wahyudi, Sabtu (21/01/17).

Demi memudahkan pencarian bahan baku dan membantu petani memasarkan produknya, Wahyudi juga mengajak komunitas petani belimbing yang tergabung di Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) untuk bekerjasama.

“Pengolahan ini juga melibatkan unsur pemerintah dan organisasi-organisasi pendukung lainnya. Pemerintah membantu standarisasi bahan baku buah belimbing, proses ekstraksinya, serta promosinya,” ucap Wahyudi.

Jenis produk kosmetik yang berbahan baku belimbing tersebut antara lain pasta gigi, shampoo, sabun wajah, hair care, toner, serum dan produk kecantikan lainnya. (Siska)

 945 total views

LEAVE A REPLY