Depok Tunggu Tambahan Kuota Haji dari Pemprov Jabar

0
477

www.depoktren.com–Adanya penambahan kuota haji dari Arab Saudi ke Indonesia, Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Depok Cholik Mawardi mengaharapkan adanya penambahan kuota haji untuk warga Depok.

Ia mengatakan kalau penambahan kuota haji di sejumlah provinsi dan kota kemungkinan akan ikut bertambah. Sebab itu, ujar dia, pihaknya akan menunggu keputusan resmi dari Gubernur Jawa Barat Aher Heryawan.

“Sampai hari ini beritanya belum ada, tapi ada kemungkinan kuota bagi kita (warga Depok) bertambah,” kata Cholik di Balaikota Depok beberapa waktu lalu.

Sampai saat ini, pihak Kementrian Agama Depok masih menunggu keputusan dari Gubernur sebab pembagian kuota bagi kabupaten adalah kewenangan dari Provinsi. Dalam mekanismenya, jelas Cholik, pihak masing-masing provinsi di Indonesia yang mendapat jumlah kuota sesuai keputusan Kemenag Pusat akan ditindaklanjuti oleh gubernur dan diteruskan ke Kemenag kabupaten daerah.

Ia memaparkan, saat ini kuota jemaah haji di Depok ada 1.293 orang. Dengan adanya penambahan kuota, ia berharap, jumlah kuota bisa kembali ke jumlah sebelumnya pada 2013 lalu, yaitu sebanyak 1.500 orang, dan memangkas daftar tunggu jemaah haji di Depok.

“Pendaftar kita sudah 23 ribu jemaah untuk tahun 2017. Dengan adanya penambahan kuota, maka akan bisa memotong antrean sebanyak 200 jemaah,” ungkap dia.

Sebelumnya Pemerintah Arab Saudi memberikan tambahan jatah kuota jemaah haji untuk Indonesia sebanyak 221 ribu orang. Angka tersebut merupakan pengembalian ke kuota asal yang semula dipotong 20 persen dan penambahan sebanyak 10 ribu lagi. (Siska

 594 total views

LEAVE A REPLY