Pradi Menilai Pencabutan Subsidi Listrik 900 VA Adalah Langkah Tepat

0
375

www.depoktren.com–Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna menilai bahwa kebijakan pemerintah pusat soal pencabutan subsidi listrik berkapasitas 900 VA (satuan daya) inovatif dan tepat dilakukan agar subsidi tidak salah sasaran.

“Menurut analisa di lapangan, daya 900 VA tercatat ada 322.297 pengguna. Sedangkan 450 VA tercatat 148.557 pengguna, dan ini yang harus disubsidi,” ujar Pradi dalam Rapat Koordinator (Rakor) di Balaikota Depok, Senin (23/1/2017).

Rakor yang diselenggarakan kemarin di Balai Kota Depok tersebut turut mengundang pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) area Depok. Hal tersebut bertujuan agar pihak PLN Depok dapat mensosialisasikan pencabutan subsidi tersebut kepada warga.

Sementara itu, Manajer PLN daerah Depok, Juli Sasmi Harto mengatakan, selain sosialisasi pencabutan subsidi 900 VA, pihaknya juga menjelaskan terkait mekanisme pengaduan.

Pengaduan tersebut, tutur Juli, ditujukan kepada masyarakat yang belum menerima subsidi, tapi secara ekonomi masyarakat tersebut harusnya berhak mendapatkan subsidi listrik. Ia juga memaparkan bagaimana tata cara pengaduan tersebut.

“Caranya mudah, masyarakat cukup mengisi form dan diajukan ke kelurahan dan diserahkan ke kecamatan untuk diinput melalui aplikasi. Setelah itu, pengaduan akan langsung diterima oleh pusat. Dalam hal ini, Kementerian ESDM dan tim akan melakukan verifikasi, sehingga nanti hasilnya akan disampaikan secara online. Jadi pihak kecamatan tidak lagi harus telepon atau konfirmasi. Semua data terlihat pada aplikasi,” jelas dia.

Untuk sinkronisasi data, lanjutnya, pihaknya akan bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) agar data lebih akurat dan tepat. “Harus tepat sasaran, untuk itu kita perlu bekerjasama dengan BPS. Agar data juga proporsional.” (Siska)

 459 total views

LEAVE A REPLY