Program One Day Service Permudah Calon Pengantin

0
290

www.depoktren.com–Kementrian Agama (Kemenag) Kota Depok Chalik Mawardi mengatakan program One Day Service akan mempermudah dan mempercepat pelayanan bagi para calon pengantin baru untuk mengurus segala keperluannya mulai dari mendaftarkan pernikahan sampai penggantian status di Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Sekarang pelayanan di KUA dibuat mudah saja sesuai regulasi, kalau menikah tidak mungkin sehari tetapi kita upayakan secepat mungkin,” ujar Chalik, Jumat (3/2).

Menurut dia, pelayanan Kantor Urusan Agama saat ini sudah maksimal namun memang belum bisa mengurus pernikahan selama satu hari saja. Namun ia menjelaskan bahwa pihaknya terus mengupayakan adanya peningkatan pelayanan di KUA agar prosesnya bisa lebih cepat dan sesuai program One Day Service tersebut.

Ia memaparkan salah satu rencana yang diambil Kemenag adalah daftar menikah dapat dilakukan via online. Kemudian, tutur dia, pihaknya juga akan bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok untuk pengintegrasian data.

“Jadi, saat daftar nanti KTP pendaftar ditahan sama KUA. Lalu data mereka akan diintegrasi dengan Dinas kependudukan dan langsung dicetak KTP dengan status baru. Jadi masyarakat tidak perlu mengurus lagi perubahan status baru di KTP mereka,” tutur dia.

Chalik juga berharap agar program ini berjalan sesuai regulasi dan mampu memberikan pelayanan yang cepat dan maksimal kepada masyarakat.

Hal ini juga diaminkan oleh Kepala Disdukcapil Depok Misbahul Munir. “Ya kedepannya memang akan diadakan pelaporan secara online dalam pencatatan perkawinan untuk perubahan elemen data kependudukan dalam KK dan KTP.” (Siska)

 374 total views

LEAVE A REPLY