Ngafe Pintar di Pinggir Margonda

0
1288

www.depoktren.com–
Menelusur Jalan Raya Margonda, hiruk pikuk jantung Kota Depok memang bermukim di jalan itu. Deru kendaraan bermotor, keramaian lalu lintas, kemegahan bangunan apartemen dan mall, hingga kafe-kafe yang menjamur di setiap jengkal sisi Jalan Raya Margonda.

Bermacam jenis kafe dengan beragam tawaran konsep dan menu yang trending dan cocok bagi kaum urban menghinggapi sisi kanan kiri Margonda Raya. Namun di tengah maraknya pembangunan kafe, ada satu yang menarik perhatian. Namanya Zoe Café & Library.

Zoe Café & Library. Kafe itu memang tidak menawarkan konsep yang ‘wah’ atau ‘instagram-able, menunya pun tergolong mengikuti arus kafe lainnya atau mainstream. Tetapi ada satu daya pikat di sana, yang membuat langkah kaki ingin berhenti di sana.

Ya, daya pikat itu terletak pada perpustakaan mini yang ada di dalam kafe. Sebuah daya pikat yang kuat bagi para pecandu buku atau bagi yang ingin melepas penat dengan membaca sambil ngafe. Sesua namanya, Zoe Café & Library. Paduan kafe dan perpustakaan.

Zoe adalah singkatan dari Zone of Edutaiment, yang artinya kafe ini adalah zona edukasi sekaligus hiburan. Edukasinya melalui beragam jenis buku, baik fiksi maupun nonfiksi, komik, dan majalah. Sedangkan hiburannya selaiknya kafe pada umumnya, ada makanan, live music, dan tentu saja buku yang bisa dipinjam dan disewa selaiknya perpustakaan pada umumnya.

Kafe yang kali pertama berdiri sejak 1994 di Bandung dan ada di Depok sejak 1996 tersebut bukan hanya memiliki jenis dan judul buku yang beragam tetapi juga menu yang lumayan variatif. Contoh menunya yakni, Potatoes Platter, Salad, Sandwich ala Zoe, Zuppa Soup, Chicken Cream Soup, French Fries, Oriental Zoe Chicken, hingga makanan tradisional Soto Betawi (Sobet). Istilahnya dari Eastern Food, Western, hingga Italian ada disediakan oleh Zoe.

Jangkauan harga makanan dan minuman pun terbilang cukup lumayan untuk sebuah kafe yang ada di Margonda yakni kisaran Rp15.000 s/d Rp50.000. Namun bila ingin menyewa buku dikenakan biaya tambahan sebesar Rp10.000 untuk baca sepuasnya. Buku-buku di perpus mini Zoe Café ini pun bisa dipinjam atau dibawa pulang asalkan mendaftarkan diri sebagai member di sana.

Salah satu dari sekelompok mahasiswa yang sedang nongkrong di Zoe Café & Library, Mariana mengaku senang ke Zoe bersama teman-temannya untuk sekadar nyemil dan membaca buku. “Lumayan sering sih, kalau pulang kuliah biasanya. Kalau aku sih pinjam buku, soalnya banyak juga buku fiksi di sini. Jadi teman-temanku yang lain ngobrol, makan, aku baca saja, hehe,” ujar Mariana yang sedang menenteng buku karya Dee Lestari saat ditemui Rabu (8/2) siang. (Siska)

 1,383 total views

LEAVE A REPLY