Ada Komunitas Anak Jaga Ciliwung

0
968

www.depoktren.com–Ada
Kancil atau Komunitas Anak Ciliwung yang peduli kebersihan dan kelestarian Kali Ciliwung di Pondok Cina, Depok.

Pembina Kancil Sahrizal mengatakan komunitas ini sudah ada sejak 2015 dan beranggotakan dari warga yang tinggal di bantaran Kali Ciliwung. Adanya ide Kancil ini, tutur Sahrizal, karena melihat banyaknya anak muda di sana tidak memiliki kegiatan, maka Kancil dibikin sebagai sarana melakukan kegiatan positif.

“Dari pada anak muda bergaul tidak karuan. Maka kita arahkan dengan kegiatan positif contohnya yang menjadi perhatian kita adalah menjaga kebersihan Kali Ciliwung,” ujar Sahrizal, tempo lalu.

Banyak agenda yang dilakukan oleh Kancil, baik itu atas inisiatif sendiri atau bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Karang Taruna, komunitas lain, hingga Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). “Kami rutin mengadakan operasi bersih-bersih Kali Ciliwung setiap dua minggu sekali,” aku dia.

Menurut Sahrizal, antusiasme masyarakat Depok atas kehadiran Kancil itu tergolong baik dan memberikan respon positif, sebab setiap hari besar nasional Kancil juga tergolong aktif mengadakan kegiatan dan lomba yang menarik partisipasi masyarakat sekitar. “Komunitas kami sering mengadakan lomba di Kali Ciliwung, seperti panjat pinang, menangkap ikan, menangkap bebek, dan waktu itu kami pernah ada pembentangan bendera sepanjang 70 meter saat HUT RI yang ke 70.” (Siska)

 1,074 total views

LEAVE A REPLY