Puskesmas Sawangan Sediakan Poli Gizi

0
1046

www.depoktren.com–Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sawangan kini membuka poli gizi yang bertujuan untuk perbaikan gizi masyarakat, peningkatan mutu pendidikan terkait gizi penekan jumlah masyarakat yang kurang asupan energi dan protein memadai.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sawangan Elin Herlina mengatakan poli gizi tersebut menyediakan layanan konseling gizi, dan penyuluhan ke masyarakat.

“Kami memiliki program di dalam gedung dan luar gedung. Di dalam gedung, kami menyediakan konseling gizi dari ahli gizi kami. Sedangkan untuk di luar gedung, kami sering mengadakan penyuluhan di tengah masyarakat,” ujar Elin, Minggu (12/2/2017).

Poli gizi ini, tutur Elin, melayani segenap masyarakat dari balita, ibu hamil, lansia, hingga penderita Diabetes Melitus (gula darah tinggi) atau penderita kencing manis. Bentuknya bisa berupa konseling gizi, pemantauan gizi, penerapan jadwal asupan gizi, hingga pemberian makanan tambahan (PMT).

“Jadi kalau untuk pasien DM biasanya akan dibuatkan 3J yakni Jadwal, Jenis, dan Jumlah gizi yang terukur. Pasien balita, kami pantau terus status gizinya, dan kami berikan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berupa nutrisi atau makanan cair tambahan yang diberikan selama tiga bulan.”

“Sedangkan untuk ibu hamil kita akan mengukur lingkar lengan atas (Lila) dan tentunya diberikan PMT sehingga status gizi ibu hamil semakin baik.” (Siska)

 1,118 total views

LEAVE A REPLY