Percepat Arus Informasi, Pemkot Depok Gandeng RAPI

0
376

www.depoktren.com–Pemerintah Kota (Pemkot) Depok membangun kerjasama dengan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) wilayah Depok untuk membentuk Satuan Tugas (Satgas) Komunikasi demi mempercepat arus informasi terutama dalam keadaan darurat bencana.

Ketua RAPI Depok Eddy Prijatna menyebut 680 personel telah diterjunkan ke seluruh kecamatan di Kota Depok. “Jumlah itu mengacu kepada jumlah anggota RAPI yang terdaftar. Jadi setiap anggota RAPI secara otomatis sudah terdaftar menjadi bagian Satgas Komunikasi,” tutur Eddy, Jumat (24/2).

Radio ini, jelas Eddy, bisa diakses di frekuensi 14.200 hingga 14.360 VHF. “Sebagai organisasi media komunikasi, maka yang bisa kami berikan adalah menyebarkan informasi, terutama dalam darurat bencana,” imbuh dia.

“Mekanisme kerja Satgas Komunikasi berdasarkan pantauan setiap anggota di lingkungan yang dipegang. Bila ada peristiwa atau bencana, maka anggota akan langsung melapor ke pengurus RAPI Depok. Sehabis itu, laporan langsung diinformasikan pada masyarakat melalui frekuensi radio serta kepada instansi yang berkaitan dengan tanggap darurat bencana.”

Eddy menilai Satgas Komunikasi yang dibuat itu bakal mampu membantu Pemkot Depok dalam menyebarluaskan informasi, terutama dalam situasi darurat bencana. (Siska)

 433 total views

LEAVE A REPLY