Depok Masih Menuju Kota Layak Anak

0
450

www.depoktren.com–
Asisten Deputi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Rohika Kurniadi mengatakan kota Depok masih menuju Kota Layak Anak (KLA).

“Depok ini masih menuju kota layak anak. Masih perlu banyak upaya dan Pekerjaan Rumah (PR) untuk mewujudkan Kota Layak Anak,” jelas Rohika di Rapat Koordinasi Gugus Tugas Kota Layak Anak, Selasa (28/2/2017).

Ada lima kategori pemenuhan hak anak, tutur Rohika, di antaranya, hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dan kesejahteraan, pendidikan pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, dan yang terakhir perlindungan khusus.

“Hak sipil dan kebebasan itu termasuk pengadaan akte kelahiran di Kota Depok,” jelas Rohika.

Berdasarkan data kepemilikan akte Di Kota Depok tahun 2013, sebanyak 25,5 persen anak tidak memiliki akte kelahiran. Rencananya, berdasarkan Rencana Aksi Daerah (RAD) Kota Layak Anak, tahun 2017 ini kepemilikan akte meningkat hingga 80 persen.

Bukan hanya pemenuhan hak sipil, hak-hak lain seperti fasilitas layak dan ramah anak juga perlu dikembangkan lebih banyak lagi. “Seperti forum anak, lembaga konsultasi anak, fasilitas taman baca, taman pintar, taman bermain yang ramah anak juga perlu ada di setiap kecamatan atau kelurahan di Depok,” imbuh Rohika.

Asisten Hukum dan Sosial Sekretariat Daerah Sri Utomo mengatakan saat inj Depok berada di posisi Madya atau langkah kedua menuju Kota Layak Anak. Tingkatan tersebut yakni, Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan Kota Layak Anak. “Saat ini Depok masih Madya. Nah nanti Insya Allah kita bisa menuju ke tingkat Nindya, lalu naik lagi jadi tingkat Utama, dan terwujudlah Kota Layak Anak.” (Siska)

 543 total views

LEAVE A REPLY