DKUM Perhatikan Peningkatan Kualitas Koperasi

0
274

www.depoktren.don–Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok akan meningkatkan kualitas koperasi. Ini dilakukan untuk menciptakan koperasi yang berkualitas sesuai dengan gerakan reformasi total koperasi yang dilakukan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM).

“Desember kemarin kementerian menutup sekitar 60 ribu koperasi di seluruh Indonesia. Depok sendiri dari 679 koperasi ada 282 koperasi yang ditutup,” ujar Kepala DKUM Kota Depok, M Fitriawan, di Balaikota Depok, Selasa (28/2).

Fitriawan mengatakan, setelah 282 koperasi ditutup pihaknya akan lebih ketat lagi melakukan pengawasan dan menguatkan kelembagaan koperasi. Selain itu, juga dengan meningkatkan lagi kualitas SDM agar bisa menjalankan pengelolaan manajemen dengan baik dan profesional.  Dengan begitu, kualitas koperasi bisa meningkat, sesuai dengan amanah pemerintah pusat yang lebih menekankan kualitas daripada kuantitas.

“Kita juga akan tingkatkan pengawasan rutin secara periodik dan pendataannya juga. Jadi kalau ada laporan dari masyarakat, maka kami akan cek keberadaan koperasi tersebut,” jelasnya.

Menurut Fitriawan, untuk menciptakan koperasi yang berkualitas, pihaknya juga memfasilitasi pelatihan untuk mengelola Koperasi Simpan Pinjam (KSP) yang diadakan oleh kementerian. Nantinya jika peserta telah lulus dan memiliki sertifikat, maka bisa menjabat sebagai ketua KSP. Dengan diketuai oleh SDM yang memiliki kompetensi, maka diharapkan koperasi di Depok bisa lebih berkualitas dan stabil.

“Bagi kami yang terpenting adalah kualitas pengurus dan pengelola, karena ada indikasi yang belum memilik sertifikat atau belum kompeten, tapi sudah menjadi ketua koperasi,” tuturnya.

Diutarakan dia, untuk mendapatkan sertifikat itu, memang tidak mudah. Tapi, pihaknya juga tidak serta merta menerapkan aturan terkait kepemilikan sertifikat tersebut. “Kalau misal ada ketua yang belum memiliki, nanti akan kita akomodir untuk ikut pelatihan dan itu gratis. Pakai dana APBD,” tutup Fitriawan. (Nanda)

 336 total views

LEAVE A REPLY