Sebanyak 36.993 Warga Depok Kebagian KKS

0
3549

www.depoktren.com–
Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan sebanyak 36.993 warga di Kota Depok akan kebagian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang pekan lalu diluncurkan oleh Presiden RI Joko Widodo di Gelanggang Olahraga POPKI Cibubur sebagai bagian dari Bantuan Pangan Nontunai (BPNT).

“Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ini akan dibagikan ke seluruh warga Depok. Kartu ini bisa digunakan untuk membeli Beras maupun gula di e-Warong (electronic warung gotong royong) yang telah ditunjuk,” ujar Mohammad Idris saat launching BPNT di Kecamatan Cipayung, Kamis (2/3).

Program BPNT tersebut merupakan penggubahan dari program subsidi Beras Sejahtera (Rastra) yang sebelumnya sudah diterapkan pula di Kota Depok. Bila program Rastra adalah membagi-bagikan beras kepada warga yang kurang mampu, lewat KKS tersebut warga bisa memilih beras jenis apa yang ingin dikonsumsinya dan dibeli di e-Warong. “Cara pakai KKS ini digesek seperti ATM, saldonya Rp110.000 perbulan dan tidak akan hangus,” jelas Idris.

Saat ini, tutur Idris, hanya tersedia empat e-Warong di Kota Depok. “Kita menargetkan adanya 37 e-warong di Kota Depok, tapi yang terbangun saat ini baru empat, jadi masih kurang 33,” imbuh dia. Salah satu e-warong yang keberadaannya jelas adalah di wilayah Cikumpa, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya.

Oleh sebab itu dalam kesempatan yang sama, Idris juga mengimbau warga Depok untuk turun tangan membuat e-Warong dengan cara menyerahkan proposal. “Nanti proposal e-warong yang disetujui oleh Kementerian Sosial akan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 10 juta dan bisa digunakan sebagai kebutuhan warung, seperti spanduk, etalase serta berbagai kebutuhan lainnya.”

Wali Kota Depok tersebut berharap Bantuan Pangan Nontunai ini tidak disalahgunakan dan bisa tepat sasaran menjangkau warga Depok yang membutuhkan.

Program BPNT ini juga turut bekerja sama dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Mandiri. (Siska)

 3,642 total views

LEAVE A REPLY