Wujudkan Kota Layak Anak, Pemkot Rencanakan Tambah JPO

0
466

www.depoktren.com–Banyak yang harus diperhatikan dan diupayakan untuk mewujudkan Depok sebagai Kota Layak Anak (KLA) atau Depok Sahabat Anak. Ada lima klaster atau kelompok kategori yang bisa dijadikan patokan untuk wujudkan KLA, yakni, Klaster I; hak sipil dan kebebasan, Klaster II; lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, Klaster III; kesehatan dan kesejahteraan, Klaster IV; pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya, dan Klaster V; perlindungan khusus.

Pemenuhan akte kelahiran anak, pengadaan fasilitas sarana dan prasarana ramah anak, forum dan lembaga anak, dan masih banyak lagi. Asisten Deputi Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Rohika Kurniadi Sari mengatakan betapa pentingnya keamanan dalam rute perjalanan anak dari rumah menuju tempat mengenyam pendidikan. “Rute perjalanan anak itu harus diperhatikan, bagaimana trotoarnya, JPO (jembatan penyebrangan orang)-nya,” tutur Rohika, beberapa waktu lalu.

Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna mengatakan akan menambahkan JPO di Kota Depok demi wujudkan Kota Layak Anak. Di Depok sendiri, ungkap Pradi, ada empat JPO. Jembatan tersebut ada di Balai Kota Depok, Terminal Depok, Depok Town Square – Margocity, dan Jalan Raya Margonda menuju Pasar Minggu. “Pemkot (Pemerintah Kota) Depok rencana membangun JPO lagi demi memenuhi standar Kota Layak Anak,” tegasnya.

Dalam Rencana Aksi Daerah (RAD) 2017-2021, pembangunan JPO juga tertera di sana. Di tahun 2017 ini, Kota Depok berencana menargetkan ada 6 JPO yang ada di Kota Depok. Jadi, ada akan ada dua pembangunan JPO lagi di Kota Depok.

Namun, untuk kualitas JPO di Depok sendiri, seorang warga Depok Ribka Musfirah (26) menilai kurang layak bagi anak dan lansia. “Anak tangganya tinggi-tinggi, mbak. Buat saya saja ini cukup tinggi, apalagi buat anak-anak dan lansia,” tutur dia saat ditemui di JPO Balai Kota Depok, Minggu (5/3).

Ia berharap pihak Pemkot Depok meningkatkan lagi kualitas fasilitas jalan yang ada di Depok, seperti trotoar dan JPO. “Ya kalau bisa diperhatikan lagi fasilitas-fasilitas umumnya, kayak trotoar dan JPO-nya,” harapnya. (Siska)

 541 total views

LEAVE A REPLY