Depok Buat Raperda Kota Ramah Lansia

0
543

www.depoktren.com–
Pemerintah Kota (Pemkot) Depok kini tengah menggodok Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kota Ramah Lansia (warga lanjut usia) dan menunggu Raperda tersebut sah diterapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) resmi di Kota Depok.

Anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BPPD) DPRD Kota Depok Sri Utami mengatakan ada sejumlah upaya demi menerbitkan Raperda Kota Ramah Lansia tersebut menjadi Perda. “Ada delapan aspek yang harus diwujudkan Pemkot Depok,” tutur Sri, sebagaimana dilansir dari depok.go.id, Minggu (12/3/2017).

Menurut Sri, ke-delapan aspek yang harus dipenuhi tersebut yakni, penyediaan fasilitas kesehatan, sosial, lingkungan, komunikasi dan informasi, infrastruktur, transportasi, hukum, dan hak asasi manusia. Bukan itu saja, tambah Sri, pihak BPPD DPRD Depok juga telah berkonsultasi dengan Kementrian Sosial terkait Raperda tersebut.

“Kemensos memberikan saran agar perawatan para lansia tidak lagi berbasis panti, melainkan berbasis penjangkauan dengan program keluarga harapan. Lalu bagi lansia yang tidak memiliki keluarga akan diberikan pendampingan khusus oleh petugas kami,” jelas dia. 

Sri juga berharap bila Raperda tersebut sah menjadi Perda Ramah Lansia, maka warga lansia di Depok bisa hidup sehat, sejahtera, terawat dengan baik, dan tetap produktif baik.

Seperti yang dikatakan Sri sebelumnya, ada pula delapan standar yang dicanangkan oleh Badan Kesehatan Dunia untuk membuat sebuah kota yang ramah lansia atau bisa disebut juga dengan Kota Santun Lansia (KSL).

Ke delapan tersebut tidak jauh berbeda dari pernyataan Sri yakni, adanya peruntukan lahan dan tata ruang yang aman dan nyaman, tersedianya ruang terbuka hijau (RTH) sebagai sarana rekreasi dan relaksasi, transportasi ramah lingkungan dan lansia, penerapan bangunan hijau, tingkat kepedulian masyarakat yang tinggi terhadap lansia, pengembangan energi ramah lingkungan, pengelolaan sampah yang juga ramah lingkungan, dan yang terakhir adalah pengelolaan air bersih. (Siska)

 

 

 625 total views

LEAVE A REPLY