Earth Hour 2017: Ini Dia Cara Mudah Memulai Gaya Hidup Ramah Lingkungan

0
633

www.depoktrem.com–Hari Earth Hour sedunia merupakan sebuah peringatan bahwa bumi yang kita singgahi ini semakin tua. Perubahan iklim dan dampak pemanasan global semakin terasa. Ketika musim hujan, banyak titik yang kebanjiran, ketika musim kemarau, banyak titik yang kekeringan. Tanda-tanda semacam ini adalah sebuah alarm bahwa masyarakat perlu melakukan upaya pengalihan gaya hidup yang konsumerisme menjadi gaya hidup yang ramah lingkungan.

Marlon Kobacker, seorang penulis dan pegiat kampanye “penerapan gaya hidup ramah lingkungan” dari Australia memaparkan lima tips mudah menerapkan gaya hidup ramah lingkungan di tengah era modernisasi tanpa mengurangi kenyamanan hidup.

“Tidak perlu susah buat mengadopsi gaya hidup ramah lingkungan. Memang ada sedikit pengorbanan yang Anda butuhkan, tetapi Anda masih bisa menikmati semua kenyamanan modern hidup,kok,” jelas Marlon. Berikut ini adalah tips dari Marlon untuk melindungi lingkungan terhadap perubahan iklim, dengan tetap berpegang pada prinsip-prinsip hidup modern:

1. Evaluasi Prilaku Konsumen Anda

Langkah pertama untuk memulai gaya hidup ramah lingkungan adalah dengan evaluasi tentang prilaku Anda sebagai konsumen. Evaluasi kebutuhan Anda, mana yang perlu diprioritaskan, mana yang sebaiknya disingkirkan dari daftar belanja Anda dari penggunaan barang-barang yang tak terpakai atau tidak berguna. Bila mungkin, pilihlah sebagian besar produk yang terbuat dari bahan daur ulang. Anda juga harus memikirkan untuk memilih sumber energi yang ‘renewable resourches’ atau sumber energi yang dapat diperbaharui. Sebab, selain ramah lingkungan, penggunaan energi tersebut juga lebih hemat.

2. Melupakan Plastik atau Produk yang Merugikan Lingkungan

Plastik merupakan penyumbang besar dari bahan yang ditemukan di tempat pembuangan sampah, atau buruknya sering ditemukan di sungai atau laut. Hal ini telah menyebabkan sejumlah masalah bagi kehidupan laut, sehingga memboikot penggunaan plastik ini sangat penting dilakukan. Untuk mengganti penggunaan plastik yang boros, Anda bisa menggunakan tas.

3. Mengusung Strategi Konservasi Air

Maksud dari konservasi air adalah penghematan penggunaan air oleh manusia yang kerap boros air. Padahal tanaman atau mahkluk hidup lain juga sama-sama membutuhkan air. Dilakukannya konservasi air bisa menjamin ketersediaan air bersih untuk generasi masa depan, membantu penghematan energi, dan mengamankan simpanan sumber air bersih untuk habitat liar.

4. Berjalan Kaki atau Bersepeda ke Tempat Tujuan

Transportasi pada umumnya bertanggung jawab untuk banyak emisi karbon saat ini dan itu memiliki efek buruk pada iklim global. Untuk mengurangi jumlah karbon, Anda bisa menggunakan sepeda atau berjalan kaki. Bukan hanya akan membantu melindungi lingkungan, Anda juga bisa meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Anda pada saat yang sama karena tidak perlu repot membayar ongkos atau bensin.

5. Mengurangi konsumsi daging

Produksi daging skala besar adalah salah satu penyumbang besar dalam perubahan iklim global, dan satu-satunya cara untuk mengurangi produksi daging adalah mengurangi permintaan atau konsumsi daging. Tentu sulit apabila jadi vegetarian dadakan. Anda tidak perlu menjadi vegan, hanya saja, mulailah mengurangi porsi daging dalam sajian di piring Anda.

Bagaimana Anda siap memulai gaya hidup ramah lingkungan saat ini juga? (Siska/Mozo.com)

 712 total views

LEAVE A REPLY