Program RT Ramah Anak Terapkan Dua Jam Tanpa TV

0
704

www.depoktren.com-‘Program RT ramah anak di RT 06, RW 04, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, cukup serius dalam mengawasi tumbuh kembangnya anak secara positif. Saat ini juga telah dibuat sejumlah program untuk mendukung keberadaan RT ramah anak, salah satunya lewat imbauan dua jam tanpa televisi dan gawai (gadget).

Ketua RT 06, Fajar Martiono menjelaskan, kegiatan tanpa TV dan gawai ini diberlakukan mulai pukul 18-20, yang berarti berlaku mulai dari jam 18.00 WIB sampai dengan 20.00 WIB. Dalam rentang waktu dua jam tersebut, orangtua harus memanfaatkan waktu untuk berkumpul dengan anak, sebagai ganti kegiatan nonton TV atau bermain games.

“Bisa diisi dengan mengajarkan anak pelajaran sekolah, mengaji atau hanya mengobrol. Intinya dari pukul 18 sampai 20 ini adalah waktu orangtua untuk anaknya,” ujar Fajar, Rabu (29/03/2017).

Fajar menambahkan, kegiatan ini sudah dilaksanakan kurang lebih setahun dan dimaksudkan untuk makin mempererat komunikasi antara anak dan orangtua. Dengan begitu keharmonisan keluarga di RT ini dapat terus terjalin dengan baik, sehingga diharapkan anak-anak terus bisa terpantau dan tidak terjerumus ke hal-hal negatif.

“Kami ingin tiap keluarga selalu memiliki quality time, jangan sampai komunikasi di tiap keluarga berjalan tidak baik,” terangnya.

Menurut Fajar, beberapa kegiatan lain yang dilaksanakan di RT yang dihuni oleh 45 KK ini antara lain, seminar parenting, dongeng Islami, nonton bareng (nobar) film Islami, dan sejumlah kegiatan positif lainnya.

“Untuk dongeng anak sebulan sekali dilaksanakan dan kami juga memiliki vokal grup anak-anak yang diiringi oleh alat musik dari barang bekas,” tutupnya. (Nanda/depok.go.id)

 762 total views

LEAVE A REPLY