Lebih dari 10 Tahun, Saung Cofe Jaga Rasa Kopi Murni

0
330

www.depoktren.com–Pelaku UMKM asal Kecamatan Cilodong, Aida Fitri sudah menekuni usaha kopi lebih dari 10 tahun di Depok melalui usahanya Saung Cofe.

“Usaha pengolahan kopi ini sudah berjalan turun temurun dari keluarga. Produk kami diberi nama Saung Coffee yang memiliki kekhasan dari produk kopinya yang selalu jaga kopi murninya,” kata Aida Fitri, Kamis (30/3/2017).

Menurut Aida, keungulan produk UMKM Aida adalah masih mempertahankan rasa kopi murni tanpa adanya bahan campuran lain. Hal tersebut dilakukannya agar tetap mempertahankan rasa dari produk Saung Coffe.

“Memang sengaja kami pertahankan originalitas dari rasa kopi agar tetap terjaga. Sehingga, meskipun banyak produk kopi lain, produk kami tetap mendapatkan tempat tersendiri bagi para penikmat kopi,” jelasnya.

Selain itu, produk kopi Aida juga memiliki jenis yang beragam, mulai dari kopi Arabica, Robusta dan Premium. Kemudian, untuk kopi Premium, dirinya menyediakan dua pilihan yaitu tanpa campuran rasa lain dan dengan campuran rasa lain.

Lebih lanjut, Aida menuturkan, pengolahan produk kopi miliknya dilakukan secara mandiri mulai dari proses pengambilan biji kopi dari kebun hingga proses pengemasan serta pengiriman kopi kepada para distributor atau pembeli. “Kebun kopinya sendiri kami punya di daerah Sukabumi. Alasan memasarkan di Depok karena kami tinggal di kota ini,” ujarnya.

Diutarakan Aida, produk Saung Coffe tersebut dijual dengan harga yang terbilang murah. Mulai dari Rp. 25 ribu hingga Rp. 30 ribu per kantung. “Untuk ukuran 100 gram harganya sekitar Rp. 30 ribu, sedangkan untuk kopi robusta harganya bisa lebih murah dibanding arabica dan premium,” katanya.

Aida berharap, produk Saung Coffe dapat lebih dinikmati oleh masyarakat, khususnya di Kota Depok. Sehingga, semakin banyak produk asli olahan UMKM Depok yang dikenal oleh masyarakat.

“Tentu harapannya tidak hanya di Kota Depok saja, tetapi juga bisa diedarkan ke kota lainnya. Terlebih saat ini, untuk pengurusan ijin usaha di Depok sudah sangat mudah, pelatihan secara gratis juga banyak diadakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) yang semakin memudahkan para pelaku UMKM dalam berwirausaha,” pungkas Aida. (Jamal/depok.go.id)

 400 total views

LEAVE A REPLY