Mengenal Tren Superfood Spirulina

0
388

www.depoktren.com–Tahun 2017, tren makanan dan minuman yang kaya manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan bermunculan, salah satunya adalah spirulina. Nama ini mungkin terdengar asing dan baru bagi Anda. Namun, sebenarnya spirulina adalah nama lain dari ganggang hijau yang kandungannya telah banyak digunakan sebagai suplemen vitamin.

Spirulina merupakan salah satu jenis tanaman laut kategori cyanobacteria atau mikroalga, yang memiliki bentuk menyerupai spiral. Berdasarkan sejarah dunia, penakluk Spanyol, Hernan Cortes menemukan bahwa suku Aztec kuno menggunakan spirulina sebagai bahan kue. Bahkan secara historis, danau Chad di Afrika telah dijadikan tempat pembudidayaa spirulina untuk manfaat kesehatan dan gizi.

Nama spirulina belakangan menjadi booming karena banyak orang yang menggunakan ganggang hijau tersebut menjadi tren makanan diet, minuman sehat berupa smoothies, bahkan masker wajah.

Dapat julukan sebagai Superfood, spirulina diyakini mengandung sejumlah vitamin yang penting bagi tubuh antara lain, protein, lemak, kabohidrat, air, mineral, gamma lionelic acid (asam lemak dalam ASI), kalsium, kalium, natrium, phosphor, magnesium, zat besi, zinc, selenium, mangan, asam folat, dan asam pantotenat.

Melansir dari Trubus pada Minggu (9/4/2017), Dr. Otjoeng Handajanto, ahli terapi kolon di Bandung, mengatakan, spirulina merupakan pangan yang 100 persen bersifat basa. Tubuh manusia, kata Otjoeng, memerlukan makanan basa minimal 80 persen dan maksimal 20 persen makanan bersifat asam. Bagi orang yang sehat konsumsi spirulina sebagai pangan bersifat basa, diyakini dapat membantu mencegah sel kanker.

Selain mencegah sel kanker, sejumlah manfaat lain bagi kesehatan tubuh dan kulit dengan mengonsumsi spirulina. Manfaat kesehatan bagi tubuh antara lain, membantu melawan infeksi seperti herpes, influenza, dan HIV, menjaga kesehatan saluran pernapasan, meningkatkan sistem imun, mencegah diabetes tipe 2, mencegah stroke, menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan otak dan mata.

Sedangkan bagi kesehatan kulit, spirulina berfungsi sebagai skin toner, obat penghilang flek hitam, anti penuaan (anti aging), detoksifikasi kulit secara alami, meningkatkan pertumbuhan rambut, obat rambut rontok dan ketombe. Namun, ada beberapa kelompok orang yang tidak disarankan untuk mengonsumsi spirulina seperti penderita Fenilketonuria, ibu hamil, dan menyusui. (Siska)

 443 total views

LEAVE A REPLY