Ternyata Pagi Hari Jadi Waktu Terburuk Buat Nikmati Kopi

0
221

www.depoktren.com–Minum kopi mitosnya bagus dilakukan pagi hari yakni tepat setelah bangun tidur. Namun sebuah studi tahun 2009 lalu mengemukakan bahwa minum kopi di pagi hari itu bisa berdampak buruk bagi tubuh. Alasannya adalah, tingginya kadar hormon kortisol dalam tubuh saat pagi hari.

Hormone tersebut berfungsi untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Selain itu, hormon kortisol berfungsi mengendalikan stres yang dapat dipengaruhi oleh kondisi infeksi, cedera, aktivitas berat, serta stres fisik dan emosional. Hormon kortisol juga akan membantu mempertahankan tekanan darah tetap normal.

Oleh sebab itu, mengutip dari laman Time, minum kopi di pagi hari bisa memicu dua masalah. Salah satunya, kafein dapat mengganggu produksi kortisol dalam tubuh. Akhirnya, tubuh kekurangan hormon kortisol yang bisa menyebabkan nyeri otot, kehilangan nafsu makan, kelelahan, gula darah rendah, tekanan darah rendah, depresi, lekas ​​marah, dan perubahan suasana hati.

Efek lain dari minum kopi di pagi hari adalah toleransi tubuh terhadap kafein, ini membuat manfaat zat kafein tidak mempan terhadap peminumnya. Menurut sebuah studi tahun 2009, kadar kortisol tinggi terjadi tiga kali dalam sehari. Jadi, waktu terbaik untuk minum kopi – atau kafein secara umum – adalah antara pukul 10.00 WIB – siang dan pukul 02.00 – 05.00 WIB.

Maka, bagi Anda yang sudah terlanjur membiasakan minum kopi di pagi hari, harus mulai mempertimbangkan untuk mengganti jadwal minum kopi Anda, agar asupan kafein dalam tubuh bisa lebih optimal. (Siska)

 297 total views

LEAVE A REPLY