Wali Kota Depok: Trilogi Pendidikan, Ini yang Sering Dilupakan

0
407

www.depoktren.com–Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan betapa pentingnya Trilogi Pendidikan dalam proses mendidik anak. “Inilah yang sering dilupakan,” kata Mohammad Idris saat menghadiri acara Tea Time bersama Taman Musik Depok dan Alumni SMPN 1 Cimanggis di Gubuk Gurame, Tapos, Depok, Rabu (19/4/2017).

Menurut Idris, Trilogi Pendidikan merupakan faktor di balik suksesnya pendidikan. “Saya melihat pendidikan ini sukses dari Trilogi Pendidikan. Sayangnya, banyak orang tua yang berpikir, pendidikan anak semua tugas pendidik di sekolah. Itu persepsi yang sangat salah,” kata dia.

Trilogi Pendidikan sendiri ialah gagasan dari Ki Hajar Dewantara yang secara garis besar mengajarkan para pendidik untuk berprilaku baik sehingga bisa dicontoh para murid dan mampu memberikan pengaruh yang positif. Trilogi Pendidikan, kata Idris, bukan hanya diterapkan oleh para pendidik di sekolah, tetapi juga di lingkungan keluarga, dan sekitar.

Seharusnya, lanjut Idris, pendidikan sangat terkait dengan sekolah, rumah, keluarga, dan lingkungan. “Kalau ini tidak terbentuk, kasihan anak-anaknya. Nilai moral yang berlainan antara sekolah, keluarga, dan lingkungan, bisa membuat jiwa anak kacau balau. Sehingga dia mencari tahu sendiri dari orang dan media nggak jelas. Inilah penyebab dari kerusakan moral anak-anak kita,” ungkap dia.

Selain Trilogi Pendidikan, yang menjadi sorotan Idris saat itu ialah metode pendekatan mengajar. “Pendidikan karakter yang efektif di antaranya lewat musik,” kata Idris yang dulu sempat mengajar di sejumlah sekolah dan sempat jadi dosen di Universitas di Ciputat.

“Manusia itu punya perasaan halus, jadi pendekatan karakter pada manusia itu dengan pendekatan yang tadi. Halus, lemah lembut. Kelemah lembutan itulah yang bisa kita raih dengan seni,” pungkas Idris. (Siska)

 491 total views

LEAVE A REPLY