Nikmati Secuil Jogja di Margonda

0
1900

www.depoktren.com–Apa yang Anda pikirkan ketika mendengarkan kata Jogja? Suasana hangat, meriung bersama, angkringan sego kucing yang selalu ramai, dan alunan musik gamelan dan lagu Jawa mendayu-dayu.

Ternyata, kehangatan serupa juga terasa di pinggir Jalan Raya Margonda, Kota Depok, Jawa Barat. Di tengah-tengah megahnya gedung-gedung Apartemen dan Hotel di Kota Belimbing ini. Di tengah derasnya pemunculan kafe baru disertai konsep-konsep yang memenuhi target pasar kaum urban.

Namanya Angkringan Panjer Wengi. Letaknya tidak begitu jauh dari pusat perbelanjaan Depok Town Square dan Gerbang Selamat Datang. Sesuai namanya, Angkringan Panjer Wengi adalah sebuah angkringan layaknya angkringan di Yogyakarta dan Solo, Jawa Tengah.

Para mahasiswa, keluarga, atau berpasang-pasangan, duduk bersama di atas alas tikar. Mereka bercengkrama, bersenda-gurau, dan makan dengan hikmat. Sementara alunan gamelan dan musik kroncong dari radio silih berganti menghibur pengunjung Angkringan Panjer Wengi.

Angkringan Panjer Wengi ini merupakan warung angkringan bernuansa Jawa asli dengan wedangan khas dan makanan yang dibungkus berukuran mini Hidangan Istimewa Kecil (HIK) yang umum disebut masyarakat dengan sebutan Sego Kucing.

Makanan yang ditawarkan ialah Sego kucing atau nasi kucing. Di angkringan ini ada yang dibubuhi ikan teri, tempe dan suiran ayam. Disediakan juga lauk untuk menemani sego berupa tempe bacem, tahu bacem, ceker ayam, sate-satean seperti sate usus, jamur, ati ampela, telur puyuh, bakso, otak-otak, dan sosis.

Angkringan yang telah berdiri sejak 2010 di Margonda ini juga memiliki minuman khas yaitu Kopi Josss atau kopi hitam panas yang dicelupi arang. Anehnya, kopi ini rasanya tak pahit dan sepat seperti yang dibayangkan. Rasanya kurang lebih seperti kopi biasa, hanya ada tambahan arang saja di dalamnya yang berfungsi menyerap racun.

Untuk harga, Angkringan Panjer Wengi membandrol makanan dan minumnya mulai dari tigaribu rupiah hingga sepuluh ribu rupiah. Di Kota Depok sendiri, angkringan seperti ini sudah menjadi bisnis kuliner yang tengah berkembang, terbukti ada beberapa titik di Margonda dan Tole Iskandar yang mencoba bisnis kuliner ini. Angkringan Panjer Wengi juga selalu ramai dikunjungi. (Siska)

 1,944 total views

LEAVE A REPLY