Kapolda Metro Jaya Apresiasi Empat Aplikasi Andalan Polresta Depok

0
301

www.depoktren.com–Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya Irjen Pol M. Iriawan menyatakan apresiasinya pada empat aplikasi besutan Polresta Depok yakni, Halo Polisi, Panic Button, SKCK Online, dan Sistem Informasi Penyidikan (SIP).

Ungkapan tersebut dikatakan Iriawan saat menghadiri peluncuran empat aplikasi tersebut di acara Depok Police Expo 2 yang digelar di Mall Margocity, Kota Depok, Jawa Barat, pada Kamis (27/4/2017). “Kami sangat mengapresiasi kinerja Polresta Depok yang melakukan terobosan baru menggunakan teknologi. Sekarang apa-apa teknologi, serba cepat, sehingga ini perlu diapresiasi,” kata Iriawan.

Menurut dia, empat aplikasi yang bisa diunduh di Playstore Android dan AppStore iOS tersebut sangat berguna bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan cepat. “Lewat aplikasi, kita bisa sangat cepat menangani aduan masyarakat yang membutuhkan,” tutur dia.

Tepat pada hari ulang tahun Kota Depok, Polresta Depok melaunching secara resmi empat aplikasi terobosannya, antara lain, Halo Polisi, Panic Button, SKCK Online, dan SIP Online. Masing-masing kegunaan empat aplikasi tersebut, kata Kapolresta Depok Herry Heryawan, sesuai dengan kebutuhan masyarakat urban saat ini yang tak pernah lepas dari genggaman teknologi.

Herry menjelaskan, aplikasi Halo Polisi yang merupakan layanan digital berbasis aplikasi dan web sebagai wadah interaksi warga dengan pihak kepolisian. “Jadi masyarakat bisa melaporkan peristiwa atau kejadian yang dapat diketahui secara langsung dan cepat oleh Polresta Depok maupun jajaran di Polsek masing-masing sektor,” papar dia.

Selain itu, lanjut Herry, ada Panic Button yang berfungsi sebagai respon cepat bagi masyarakat yang membutuhkan. Tinggal tekan tombol ‘Help’, kata dia, Polresta Depok ataupun Polsek akan langsung menangani permasalahan atau peristiwa tertentu. “Maka itu kami ada tagline, keamanan ada di jarimu,” jelas mantan Wakil Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya tersebut.

Sedangkan, inovasi lain, kata Herry, adalah SKCK Online. “Dengan SKCK Online ini Polresta Depok ingin memberikan kemudahan pada warga yang mengurus penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang biasanya digunakan sebagai lampiran melamar kerja,” ungkap Herry.

Kemudian, kata Herry, ada SIP yang berupa web atau aplikasi untuk memudahkan pelapor, penyidik, dan atasa penyidik untuk memonitor perkembangan proses penyidikan suatu kasus. “Dengan begini penyidikan bisa berjalan sesuai aturan yang berlaku dan ini juga meminimalisir komplain dari masyarakat,” pungkas Herry Heryawan. (Siska)

 341 total views

LEAVE A REPLY