Komunitas My Trip My Adventure Depok Edukasi Pelajar Cinta Lingkungan

0
490

www.depoktren.com–Kesadaran masyarakat untuk melestarikan lingkungan sangat diperlukan. Guna membangun kesadaran yang baik, perlu dilakukan pembinaan sejak usia dini. Sadar dengan hal tersebut, Komunitas My Trip My Adventure (MTMA) Kota Depok mengadakan edukasi mengenai pentingnya menjaga lingkungan di sejumlah sekolah di Kota Depok melalui program MTMA Goes to School.

Ketua MTMA Kota Depok, Ken Aryuni mengatakan, program MTMA Goes to School telah dijalankan sejak 2016. Dalam kegiatan tersebut, sambung Ken, para pelajar diberikan pembekalan materi terkait upaya-upaya menjaga kelestarian lingkungan khususnya di Kota Depok.

“Awalnya, program tersebut dilaksanakan lantaran sejumlah anggota kami masih menjadi pelajar. Biasanya, di usia mereka, mulai tertarik untuk mengeksplorasi keindahan-keindahan alam yang ada di lingkungannya. Namun, banyak dari mereka saat berwisata ke alam terbuka, banyak yang tidak menjaga kondisi alamnya. Sehingga, banyak yang justru merusak keindahan alam tersebut. Hal ini yang terus kami upayakan agar tidak terus berulang,” jelas Ken, Kamis (18/5/2017).

Ken menuturkan, selain menjaga kelestarian alam, para pelajar juga diajarkan mengenai cara bertahan hidup saat mereka berwisata di alam terbuka. Menurut Ken, hal tersebut bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan yang sering terjadi di tempat wisata.

“Kami ajak mereka sharing bagaimana cara survival yang baik. Kecelakaan sering terjadi disebabkan banyak yang kurang menyadari bahwa keselamatan itu merupakan hal yang paling utama. Untuk itu, kami mengimbau kepada mereka agar tetap disiplin pada saat berada di alam bebas,” terangnya.

Menurut Ken, program tersebut akan dilaksanakan secara berkala. Ken menambahkan, pada tahun 2016, program MTMA Goes to School diadakan di SMAN 5 Depok di Kecamatan Sawangan. Sedangkan untuk tahun ini kegiatan tersebut akan dilaksanakan di SMA 6 Meruyung Kecamatan Cinere, Kota Depok.

“Kami berharap program ini akan rutin diadakan setiap tahun sekali. Dengan dilaksanakannya acara tersebut, harapan kami agar pelajar yang akan berwisata di alam terbuka dapat tetap menjaga kelestarian alam, serta dapat memastikan dirinya selamat saat berwisata,” harapnya. (Mel)

 527 total views

LEAVE A REPLY