81 Polisi Depok Dilatih Jadi ‘Pendakwah’

0
347

www.depoktren.com-Anggota Bhayangkara Pembina Kamtibmas (Bhabinkamtibmas) mengikuti pelatihan dan pendidikan di bidang keagamaan yang digelar Polresta Depok bekerjasama dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Depok.

Menurut Kapolres Depok, Kombes Pol Heri Heryawan, digelarnya kegiatan ini sebagai wujud kemitraan yang melekat antara polisi dan masyarakat.

“Melalui kegiatan seperti ini diharapkan pesertanya tidak hanya cakap dalam hal kinerja, tetapi juga cakap akhlak dan semakin memiliki wawasan luas tentang keagamaan. Syukur Alhamdulillah apabila pesertanya ada yang bisa berdakwah atau menjadi da’i,” kata Heri Heryawan, Jumat (19/5/2017).

Diklat yang diikuti 81 anggota Bhabinkamtibmas di wilayah hukum Polres Depok ini digelar selama dua hari, Kamis dan Jumat (18-19/5).

Dia menambahkan, polisi tidak sekedar dibekali keterampilan dan kepandaian dalam mengamankan situasi, melainkan pula harus dibekali ilmu agama. Pasalnya, dalam menciptakan kondusifitas wilayah tidak diharuskan mengandalkan senjata atau kekerasan, tetapi sangat diperlukan pendekatan yang humanis dan wejangan menyejukkan.

Sementara itu Ketua PCNU Depok, KH Raden Salamun Adiningrat, mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai lanjutan dari silaturahmi PCNU dengan jajaran Kepolisian Resort Kota Depok. “Kenapa digelarnya lebih dulu di Polres, karena polreslah yang paling awal merespon kegiatan PCNU ini,” kata Salamun.

Menurut Salamun, polisi memiliki tugas yang cukup berat dan rentan bersinggungan dengan masyarakat. Lantaran itu polisi harus dibekali pondasi keagamaan, agar lebih memiliki kemampuan dalam melayani dan mengayomi masyarakat.

Penyampai materi dalam kegiatan ini yaitu Rois Syuriah NU Depok KH  Zainuddin Maksum Ali, KH Abdul Mujib, KH Hariruddin, KH Salamun, serta pengurus Tanfidziyah PCNU Depok lainnya. Para peserta juga diajarkan praktek berdakwah. (Aan/amr)

 410 total views

LEAVE A REPLY