Pasar Tumpah yang Timbulkan Kemacetan akan Ditertibkan

0
921

www.depoktren.com–Keberadaan pasar tumpah kerap membuat kemacetan, lantaran kehadirannya yang menyita hampir setengah badan jalan. Untuk itu, Tim Ketertiban Umum (Tibum) yang terdiri dari petugas gabungan Satpol PP, Dinas Perhubungan, Polres Depok dan Kodim Depok tidak akan kompromi dengan aktivitas ilegal tersebut dan akan menertibkannya karena berpotensi mengganggu kelancaran lalu lintas di jam sibuk.

“Kami sudah membentuk Tim Tibum yang akan berpatroli menyisir jalan-jalan yang kerap dijadikan pasar tumpah atau pun pasar kaget,” ujar Kepala Satpol PP Kota Depok, Dudi Mi’raz, di Balai Kota Depok, Selasa (30/5/2017).

Dikatakan Dudi, sosialisasi telah dilakukan ke beberapa lapisan masyarakat, seperti camat, lurah, RT/RW, karang taruna, tokoh masyarakat serta Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM). Diharapkan, elemen tersebut dapat membantu mengingatkan warga agar tidak membuka pasar tumpah, karena mengganggu dan menghambat lalu lintas.

“Untuk menjaga ketertiban bersama, sosialisasi telah kami lakukan. Jika masih ada pasar tumpah yang beroperasi dan mengganggu kenyamanan berlalu lintas, warga bisa menghubungi line telepon di 112, nantinya penerima laporan akan mengarahkan ke Satpol PP untuk ditindak,” tegasnya.

Senada dengan itu, Camat Pancoran Mas Utang Wardaya menuturkan, selama ini tidak ada regulasi yang mengatur, mengizinkan atau merekomendasikan keberadaan pasar tumpah. Terlebih, yang menggunakan fasilitas umum dan mengganggu ketertiban lalu lintas.

“Secara bertahap, informasi tersebut sudah kami sampaikan lewat kelurahan dan LPM. Pasar tumpah dengan alasan apapun tidak ada regulasinya, sehingga diharapkan pedagang pasar tumpah yang kerap beroperasi di badan jalan sejajar rel Stasiun Depok Baru atau di Jalan Dewi Sartika, tidak lagi menjajakan dagangannya, karena sudah jelas ketentuan dan aturannya,” pungkasnya. (Jamaal)

 969 total views

LEAVE A REPLY