PLN Jamin Aman Pengelolaan Listrik Ramadhan dan Lebaran

0
241
Setting Sun seen through a row of electricity pylons

www.depoktren.com–Kepala Satuan Komunikasi Korporat PT PLN Persero, I Made Suprateka, mengatakan akan terjadi perpindahan beban puncak listrik selama lebaran yakni semula di Jakarta bakal terdistribusi ke daerah, khususnya area tujuan mudik. Namun PLN memastikan pengelolaan listrik selama Ramadhan dan lebaran Idul Fitri tak terganggu.

“Nah ini saya sampaikan,  kalau di Jakarta dengan kondisi yang memang gardu yang memang sedikit kritis,  jadi terselamatkan saat lebaran,” ujar Made di Kantor BPH Migas,  di Jakarta,  Senin (5/6/2017).

Made menerangkan beban yang selama ini terdistribusi ke Jakarta, terpecah ke beberapa daerah di antaranya Surabaya dan Yogyakarta. Ia menjamin tidak akan terjadi kelebihan kapasitas untuk gardu di daerah. Terlebih menurutnya di sana ada gardu baru, sehingga tak terjadi over capacity.

Menghadapi lebaran kali ini lanjut Made, pihaknya meminta seluruh jajaran di daerah untuk menyiapkan tenaga 24 jam menjaga pasokan listrik.  Ini dilakukan agar masalah pengelolaan listrik ini tidak menggangu pelaksanaan Idul Fitri. 

“Kami sudah melakukan perawatan secara bergilir pembangkit dan gardu,  sehingga pada saat merayakan nanti,  kami yakin tidak terjadi gangguan sistem,” terang Made. 

Namun Made mengecualikan situasi ini untuk daerah dengan iklim yang berubah-ubah. Menurut Made ini sering mengganggu transmisi. Meski demikian, ia tegaskan PLN tidak akan melakukan pemadaman listrik. “Seperti pohon tumbang atau hujan lebat. Insyaallah tidak akan terjadi pemadaman, karena kami akan segera perbaiki,” ucap Made. (Mir/ant)

 279 total views

LEAVE A REPLY