SDN Mekarjaya 21 Depok Sediakan Pojok Konseling

0
809

www.depoktren.com–SDN Mekarjaya 21, Sukmajaya, Depok, menyediakan pojok konseling. “Tempat ini untuk penanganan persoalan anak yang bisa dicarikan solusinya secara bersama,” kata Kepala Bidang Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif Forum untuk Kota Layak Anak (Fokla) Kota Depok, Hartuti, di SDN Mekarjaya 21, Senin (5/6/2017).

Menurut Hartuti, Fokla Kota Depok mengajak orangtua dan seluruh elemen terkait memaksimalkan perannya dalam melindungi hak anak.
Pojok konseling yang diberikan tersebut dibuat sebagai media bagi siswa dan orangtua di SDN Mekarjaya 21 dalam menyampaikan berbagai permasalahan yang sedang dialami. Melalui wadah ini, juga sebagai upaya untuk mengedukasi masyarakat agar dapat memperkuat Depok sebagai kota yang layak bagi anak.

“Kami akan menjadi teman sharing dalam menampung permasalahan anak baik sisi psikologis maupun kesehatan, juga permasalahan yang orangtua hadapi dalam memberikan pendidikan kepada anak,” tuturnya.

Melalui pojok konseling, lanjut Hartuti, Fokla Kota Depok ingin memenuhi tercapainya lima cluster hak anak seperti, hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, hak kesehatan dasar dan kesejahteraan, hak pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, serta hak perlindungan khusus.

Dalam mencapai kelima cluster tersebut, selain melalui pojok konseling, Fokla rutin melakukan sosialisasi dengan pendekatan langsung ke masyarakat melalui RT, RW, maupun Kelurahan. Dengan begitu, program Kota Depok terkait ramah keluarga dan anak dapat terpenuhi secara maksimal.

“Besar harapan kami kasus kekerasan anak dapat menurun, pembinaan juga terus dilakukan secara optimal,” tutup Hartuti. (Meidya)

 834 total views

LEAVE A REPLY