Puskesmas Sawangan Santun Terhadap Lansia dan Disabilitas

0
1215

www.depoktren.com–Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sawangan kembali membuat terobosan. Setelah menambah jam pelayanan, kini digulirkan program Puskesmas Santun Lanjut Usia (Lansia) dan Penyandang Disabilitas yang mulai dibuka sejak 5 Juni 2017. Melalui program ini, pelayanan prima kepada para lansia dan penyandang disabilitas di wilayah Kecamatan Sawangan menjadi lebih diprioritaskan.

“Guna mendukung program Depok Sahabat Lansia, kami lebih memperhatikan hak-hak lansia yang membutuhkan pelayanan kesehatan di puskesmas ini,” kata Kepala UPT Puskesmas Sawangan, Elin Herliana, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (7/6/2017).

Elin menjelaskan, dengan program ini lansia berusia di atas 60 tahun didahulukan dalam pemeriksaan kesehatan. Selain itu, pasien lansia dan penyandang disabilitas juga terbebas dari sistem antrean.

“Petugas kami akan sigap saat ada pasien lansia datang, dan langsung dikalungi kartu prioritas yang memiliki privilege tidak perlu antre, baik pendaftaran, periksa dokter hingga pengambilan obat. Pasien langsung masuk ke poli lansia, selanjutnya semua petugas kami yang melayani. Pasien cukup duduk menunggu di kursi prioritas lansia,” jelasnya.

Begitu pula jika pasien lansia atau disabilitas membutuhkan cek laboratorium, tidak perlu antre karena akan ada petugas puskesmas yang menghampiri. Kemudian pasien akan dibantu mengambil sampel darah yang dibutuhkan.

“Pasien-pasien lansia umumnya memiliki keluhan hipertensi, diabetes hingga penyakit Osteoartritis atau dikenal dengan radang sendi. Pasien kalau dibutuhkan ambil darah untuk cek lab akan langsung didatangi oleh petugas lab. Perlakuan yang sama juga diberikan pada pasien penyandang disabilitas,” pungkas Elin.(Meidya)

 1,242 total views

LEAVE A REPLY