Komunitas Young On Top, Refleksikan Kerukunan Umat Beragama Saat Ramadhan

0
584

www.depoktren.com–Beragam kegiatan untuk menebar kebaikan dan menambah pahala dilakukan oleh sejumlah komunitas di Kota Depok saat Ramadan. Salah satunya yang dilakukan komunitas Young On Top (YOT) Depok yang menggelar kegiatan YOT Share Ramadan 2017, belum lama ini.

President Komunitas YOT Depok, Fakhrul Ridha mengatakan, pihaknya ingin merefleksikan kerukunan umat beragama di Depok melalui kegiatan komunitasnya. Sebab, kegiatan YOT Share Ramadan, tidak hanya diikuti oleh pengurus muslim saja melainkan juga pengurus yang non muslim.

“Kami tidak memandang suku, golongan ataupun agama. Semua bisa ikut bergabung serta dapat berpartisipasi disini. Pada YOT Share Ramadan seluruh pengurus baik yang beragama muslim maupun non-muslim ikut membantu dengan antusias. Sama halnya pada saat YOT Share Natal,” tuturnya kepada depok.go.id, Rabu (14/6/2017).

Melalui kegiatan tersebut, sambung Fakhrul, pihaknya ingin memberikan contoh nyata kepada para anak muda Depok mengenai indahnya kerukunan beragama. Dirinya berpesan agar anak muda di Depok lebih peduli lagi dengan keadaan lingkungan sekitar dan tidak ragu untuk berbagi, karena berbagi merupakan kewajiban semua umat.

“Sebab berbagi haruslah datang dari hati yang tulus tanpa memandang ras, agama, dan suku bangsa. Siapapun yang memang perlu ditolong maka harus kita semua tolong,” katanya.

Sementara itu, Project Officer YOT Share Ramadan 2017, Febrian menuturkan, YOT Share merupakan kegiatan sosial yang rutin yang digelar dua kali setiap tahunnya yakni YOT Share Natal pada bulan Desember dan YOT Share Ramadan pada bulan Ramadan.

“Jadi ini merupakan kegiatan berbagi kepada sesama sekaligus sarana mempererat silaturahmi dan kebahagiaan dengan adik-adik yang hidup di panti,” ucapnya.

Rangkaian acara Yot Share Ramadan 2017 diawali dengan pembagian takjil berbuka puasa yang digelar pada 5 Juni 2017 di lampu merah perempatan akses jalan Tol Cijago. Pembagian takjil itu diberikan kepada para pengendara dan pejalan kaki di sekitar jalan tersebut.

Selanjutnya, pada tanggal 11 Juni 2017, diadakan kegiatan utama YOT Share Ramadan di Panti Mahad Yatim & Dhuafa Sirojul Quran, Kecamatan Tapos. Dalam kegiatan tersebut diisi dengan perlombaan MTQ, Da’i, dan adzan. Kemudian, buka puasa bersama dan pemberian santunan kepada anak-anak di panti tersebut.

“Rangkaian kemudian dilanjutkan dengan pembagiaan makanan sahur dan infaq kepada fakir miskin di sekitaran jalan yang ada di Kota Depok,” tutupnya. (Meidya).

 605 total views

LEAVE A REPLY