Wali Kota Depok akan Jadi Khatib Salat Idul Fitri di Masjid Balai Kota Depok

0
408

www.depoktren.com–Wali Kota Depok Mohammad Idris dijadwalkan akan menjadi khatib Salat Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriah/2017 Masehi di Masjid Balai Kota Depok, Minggu (25/6/17), dengan tema, Takwa, Ceria, dan Sejahtera. Sedangkan yang bertindak sebagai imam salat adalah ustaz Rajif Pandu Abubakar.

“Insya Allah Pak Wali Kota akan menjadi khatib Salat Idulfitri di Balaikota. Sementara ini Idulfitri jatuh pada hari Minggu besok. Tapi, kita tetap menunggu keputusan pemerintah pusat yang akan melaksanakan Sidang Isbat Sabtu sore untuk penentuan Lebaran,” ujar Kepala Bagian Sosial pada Sekretariat Daerah Kota Depok, Marjaya, Jumat (23/6/17).

Diutarakan Marjaya, ntuk pelaksanaannya, akan dijadwalkan pukul 07.00 WIB, sambil menunggu masyarakat yang masih ingin membayar zakat fitrah. Untuk mengakomodir banyaknya jemaah yang hadir, masjid kebanggaan Pemkot Depok tersebut mampu menampung ribuan orang. Namun, jika kapasitas ruangan tidak cukup, panitia akan menggunakan lapangan sekitar untuk menampung jemaah yang hadir. Terlebih, ASN yang tidak mudik sesuai surat edaran yang telah dibagikan untuk masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga diimbau untuk salat di Balaikl Kota Depok.

“Kita juga masih menunggu masyarakat yang ingin mengeluarkan zakat, karena setelah imam turun dari mimbar, sudah tidak ada lagi zakat fitrah. Kapasitas kurang lebih 3000 jamaah, karena kita akan maksimalkan masjid di dua lantai, serta lapangan sekitar,” terang Mekarjaya.

Panitia, lanjutnya, sudah menyiapkan seluruh keperluan sarana dan prasarana yang akan digunakan. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan beberapa OPD dalam hal kebersihan dan keamanan pada saat pelaksanaan salat, maupun setelah pelaksanaan salat.

“Kita sudah siap semua, saat ini masih ada iktikaf. Setelah iktikaf, kita akan melibatkan DKM dan bagian sosial untuk membersihkan bagian yang kurang. Terkait sampah juga sudah kita antisipasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), begitu juga keamanannya dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok,” jelas Marjaya. (Meidya)

 477 total views

LEAVE A REPLY