Ayah Berperan Besar Wujudkan Ketahanan Keluarga

0
478
SEAL BEACH, CA - JULY 10: A father and son stand in the ocean as the sun sets July 10, 2004 in Seal Beach, California. Californians are enjoying the warm summer evenings by staying late at the beach. (Photo by Carlo Allegri/Getty Images)

www.depoktren.com–Untuk mewujudkan program ketahanan keluarga dibutuhkan peran dari berbagai elemen yang ada dalam keluarga. Salah satunya adalah ayah yang memiliki peran sentral dalam pembentukan ketahanan keluarga yang prima. Hal itu diutarakan Direktur Yayasan Keluarga Kreatif Indonesia (YKKI) Kota Depok, Sri Rahayu saat sosialisasi Peraturan Daerah Pemerintah Kota (Pemkot) Depok Nomor 9 Tahun 2017 tentang Peningkatan Ketahanan Keluarga di Balai Kota Depok, Kamis (12/6/2017) lalu.

Sri menuturkan, pada dasarnya semua pihak dalam keluarga memiki peran masing-masing untuk memaksimalkan program ketahanan keluarga. Namun, sebagai kepala keluarga, kehadiran dan peran ayah sangat dirasakan anak-anak dalam memenuhi kebutuhannya dari berbagai aspek. “Keluarga bisa berketahanan prima kalau ayahnya hebat dan kuat,” tuturnya.

Lebih lanjut, Sri menjelaskan, ada sejumlah peran ayah untuk menciptakan ketahanan keluarga. Antara lain peran kepemimpinan, keteladanan, pendidikan, pengarahan dan kehadiran.

Sedangkan untuk peran ibu sendiri, dalam mewujudkan ketahanan keluarga adalah sebagai pendukung dari apa yang dilakukan ayah. Dengan begitu, apa yang dilakukan ayah dalam mewujudkan keluarga yang kuat dan harmonis bisa direalisasikan dalam rumah tangga. “Anggota keluarga lain hanya berfungsi sebagai pendukung, semoga ayah-ayah di Kota Depok bisa menjadi ayah yang hebat demi keluarga yang sejahtera,” pungkas Sri. (Meidya)

 478 total views

LEAVE A REPLY